Astronot China Shenzhou 15 Diam-diam Jalani Misi Spacewalk Ke-3

Sabtu, 15 April 2023 - 17:47 WIB
loading...
Astronot China Shenzhou 15 Diam-diam Jalani Misi Spacewalk Ke-3
Secara diam-diam, astronot Shenzhou 15 China menyelesaikan perjalanan ruang angkasa (spacewalk) ketiga pada 30 Maret 2023. Foto/CCTV/Space
A A A
BEIJING - Secara diam-diam, astronot Shenzhou 15 China menyelesaikan perjalanan ruang angkasa (spacewalk) ketiga pada 30 Maret 2023. China belakangan ini tampaknya telah mengurangi jumlah informasi terkait aktivitas luar kendaraan (EVA) para astronotnya yang berada di stasiun luar angkasa Tiangong.

Dikutip dari laman Space, Sabtu (15/4/2023), astronot China Fei Junlong dan Zhang Lu keluar dari stasiun luar angkasa Tiangong sekitar 30 Maret 2023. Sedangkan seorang rekannya Deng Qingming membantu dan memantau dari dalam stasiun luar angkasa.

Badan penerbangan luar angkasa manusia China (CMSA) baru mengonfirmasi sehari kemudian setelah aktivitas luar kendaraan (EVA) dilakukan. Tidak ada detail waktu dan tugas yang dilakukan dalam informasi EVA yang dipublikasikan.



Spacewalk ketiga mengikuti aktivitas EVA kedua yang baru secara resmi terungkap pada 1 Maret 2023. Berbeda dengan misi perjalanan ruang angkasa pertama pada bulan Februari 2023, yang jauh lebih transparan.

CMSA mengumumkan EVA terlebih dahulu dan kemudian melaporkan waktu dan tujuan aktivitas, serta menerbitkan video dan gambar. Prosedur itu telah menjadi praktik perjalanan ruang angkasa yang diterapkan kru yang mengunjungi Tiangong.

Tidak jelas alasan China membatasi informasi baru berhubungan dengan sensitivitas operasional atau perubahan kebijakan aktivitas EVA. Tiga astronot Shenzhou 15 telah tinggal di orbit sejak tiba di Tiangong dengan pesawat ruang angkasa Shenzhou mereka pada akhir November tahun lalu.

Sejak itu, kru Shenzhou 15 telah menyelesaikan berbagai tugas, termasuk menjaga habitat bertekanan di atas kapal Tiangong, melakukan perbaikan, melakukan eksperimen ilmiah termasuk menguji konverter termoelektrik Stirling. Mereka juga memasang peralatan baru untuk memungkinkan penyebaran cubesats dari modul sains Mengtian.



Para kru akan menyambut kedatangan astronot misi Shenzhou 16 ke Tiangong pada bulan Mei dan menyerahkan kendali stasiun. Fei, Zhang dan Deng kemudian akan kembali ke Bumi, setelah menyelesaikan misi selama enam bulan mereka.

China saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan pesawat luar angkasa kargo Tianzhou 6 ke Tiangong untuk menyediakan pasokan bagi misi yang akan datang. Roket Long March 7 tiba di pelabuhan dekat Pusat Peluncuran Satelit Wenchang dalam beberapa hari terakhir. 2023 juga akan melihat China meluncurkan misi berawak Shenzhou 17 sekitar akhir November.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3814 seconds (0.1#10.140)