Lani, Dinosaurus Mirip Raptor yang Makan Tumbuhan

Senin, 12 Juni 2023 - 09:12 WIB
Lani, Dinosaurus Mirip Raptor yang Makan Tumbuhan
Lani adalah dinosaurus yang terakhir di spesiesnya, dianggap penemuan besar oleh para ilmuwan. Foto: Jorge Gonzalez
AMERIKA - Penemuan dinosaurus herbivora yang mirip raptor Iani smithi di Utah, AS, dianggap berkah bagi para ahli paleontologi. Sebab, Lani yang memiliki bulu itu dianggap mewakili semua jenis dinosaurus pertama.

Iani smithi berumur sekitar 99 juta tahun, ditemukan di kawasan pegunungan di Utah. Ilmuwan menganggap penemuan Lani sebagai hal penting karena sejumlah alasan.

Pertama, penemuan kerangkanya cukup lengkap. Kerangka parsial, yang meliputi tengkorak, tulang belakang, dan anggota badan, serta rahang dan gigi, ditemukan di Anggota Mussentuchit, Formasi Gunung Cedar, Utah.

Kedua, penemuan Lani adalah yang pertama untuk spesies dinosaurus ini. Juga, menjadi penemuan pertama dari ornithopod di zaman Kapur/Cretaceous akhir ditemukan di Amerika Utara dan Cretaceous rhabdodontomorph pertama yang pernah ditemukan di negara tersebut.

“Menemukan Iani adalah keberuntungan. Kami tahu ada hewan yang hidup di ekosistem itu berdasarkan temuan gigi yang dikumpulkan di sana-sini. Tetapi kami tidak menyangka akan menemukan kerangka yang begitu indah. Lani memiliki tengkorak yang hampir lengkap dan sangat berharga,” beber Lindsay Zanno, profesor riset di North Carolina State University, kepala paleontologi di North Carolina Museum of Natural Sciences, dan penulis korespondensi dari jurnal tersebut.

Meski menjadi dinosaurus dengan rahang yang kuat dan gigi tajam serta bentuk mirip raptor, Iani sebenarnya dianggap sebagai dino herbivora yang menggunakan rahang dan gigi yang kuat tersebut untuk mengunyah tumbuhan dan daun berserat.

Setelah melakukan analisis pada tengkorak, tulang rahang, dan gigi, tim terkejut mengetahui bahwa penemuan baru mereka sebenarnya adalah rhabdodontomorph, klad dinosaurus yang hampir secara eksklusif ditemukan di Eropa dan diketahui dari sejumlah kecil fosil di Australia.

Dengan penemuan baru ini, tim memperkirakan sekitar lima clade dinosaurus hidup bersama di ekosistem Amerika Utara dan hadir dalam periode perubahan antara batas Cretaceous Awal-Akhir.

“Kami menemukan Iani sebagai rhabdodontomorph awal, garis keturunan ornithopoda yang dikenal hampir secara eksklusif dari Eropa,” kata Zanno. "Jika Iani dianggap sebagai rhabdodontomorph, itu menimbulkan banyak pertanyaan keren.

Lani dinamai dewa Romawi Janus dengan dua wajah, dikatakan melambangkan transisi.

Ilmuwan menyebut di era Zaman Kapur pertengahan ada banyak perubahan dalam ekosistem yang disebabkan oleh peningkatan karbon dioksida di atmosfer dan naiknya permukaan laut.

Hal tersebut menyebabkan lonjakan suhu global yang dijuluki Maksimum Termal Kapur. Massa tanah yang lebih kecil berarti lebih sedikit ruang bagi dinosaurus untuk hidup dan sangat hangat sehingga hutan hujan dapat tumbuhsuburdikutub.