Rusia Akan Bangun Patung Bung Karno di Pusat Kota Moscow

Senin, 12 Juni 2023 - 18:25 WIB
loading...
Rusia Akan Bangun Patung Bung Karno di Pusat Kota Moscow
Patung Presiden Pertama Soekarno akan dibangun di Rusia. FOTO/ OUTSIDERS
A A A
MOSCOW - Indonesia mempunyai sejarah kedekatan dengan Rusia sejak puluhan tahun lalu. Bukti dari kedekatan itu Rusia akan membangun patung Presiden pertama Indonesia, Soekarno alias Bung Karno, di salah satu taman di Moscow.



"Patung Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno akan dibangun di Taman Seni Museon Moskow," demikian dicuitkan Kedubes Rusia di Jakarta lewat akun Twitter, @RusEmbJakarta, Minggu (10/6/23).

Dikatakan bahwa pembangunan patung Bapak Proklamator RI itu merupakan respons peresmian patung kosmonot Yuri Gagarin pada 2021 silam di Indonesia.

Ketua Komisi Seni Monumental Duma Kota Moskow Igor Voskresensky mengatakan, “Pembangunan patung Presiden Soekarno dimaksudkan sebagai tanggapan atas dibukanya patung kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin. Monumen ini didirikan di ibu kota Indonesia, Jakarta, di Taman Mataram dan diresmikan pada 11 Maret 2021.”

Voskeresensky menjelaskan, berdasarkan arsip 1956 dari Studio Film Dokumenter Pusat Uni Soviet diketahui Soekarno setelah mengunjungi Galeri Tretyakov berjalan di tepi sungai Moskow sepanjang lokasi yang sekarang menjadi Taman Seni Museon.

"Jika kita membuat analogi sejarah, Soekarno pernah berkunjung ke lokasi yang sekarang dipilih untuk patung beliau," kata Voskeresensky.

Dikutip dari laman SCMP, Proklamator Indonesia Soekarno memiliki hubungan dekat dengan Uni Soviet yang menjadikan Indonesia sekarang terhubung secara moral dengan Rusia. Selain itu, Moskow juga telah menjadi sumber senjata dan perangkat militer lain bagi Indonesia.

Dikutip dari laman Wilson Center, aspek sejarah memang tidak bisa dipisahkan dari awal mula kedekatan Indonesia dan Rusia. Pada tahun 1947, Indonesia menandatangani Perjanjian Persahabatan dengan Mesir, yang menandai sukses besar bagi diplomasi sebuah negara baru.

Tak hanya itu, Indonesia juga mengambil langkah-langkah menuju hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara kubu sosialis, pertama dengan Uni Soviet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)