Jum'at, 16 Juni 2023 - 07:35 WIB
Jangan Lupa Saksikan Fenomena Langka Parade 5 Planet Sejajar Sabtu Besok
Merkurius, Uranus, Jupiter, Neptunus, dan Saturnus akan terlihat satu jam sebelum matahari terbit pada 17 Juni saat mereka berbaris di dekat ufuk timur. Foto: ist
JAKARTA - Ada kegiatan menarik selepas sholat Subuh Sabtu (17/6) besok. Yakni, menyaksikan fenomena langka ini: lima planet Jupiter, Saturnus, Merkurius, Neptunus, dan Uranus berbaris sejajar di angkasa.

Diperkirakan, parade planet langka ini akan terlihat pada 17 Juni satu jam sebelum matahari terbit karena planet-planet itu berada di konstelasi yang sama.

Tiga planet yang lebih terang - Jupiter, Merkurius, dan Saturnus – bahkan dapat dilihat dengan mata telanjang. Syaratnya, Anda harus ada di posisi yang tepat.

Jangan Lupa Saksikan Fenomena Langka Parade 5 Planet Sejajar Sabtu Besok

Di Inggris, misalnya, masyarakat harus menggunakan teropong atau teleskop untuk melihat Neptunus dan Uranus.

Parade planet, atau keselarasan planet seperti sedang berbaris ini terjadi ketika sejumlah planet berada di konstelasi yang sama.
Penyelarasan planet ini cukup jarang. Sebab, peristiwa berikutnya akan berlangsung pada April 2024.

Sebagai acuan, pengamatan dapat dilakukan di sektor 93 derajat. Disitulah kelima planet saling berdekatan satu sama lain di area kecil langit.

Jangan Lupa Saksikan Fenomena Langka Parade 5 Planet Sejajar Sabtu Besok

Menurut MRT, Sabtu besok adalah waktu paling tepat untuk menyaksikan 5 planet sejajar. Salah satu syaratnya, Anda harus berada di tempat yang tidak memiliki banyak polusi cahaya.

NASA merekomendasikan untuk memeriksa ramalan cuaca untuk menemukan area yang tidak berawan. Selain itu, Anda harus mencari tempat dengan pandangan cakrawala yang tidak terhalang. Termasuk menghindari bangunan dan lampu kota.

Membawa teropong atau bahkan teleskop juga berguna, terutama untuk melihat planet yang kurang jelas seperti Neptunus dan Uranus.

Untuk membedakan antara bintang dan planet, pengamat harus mencari objek yang tidak berkelap-kelip di tengah kelap-kelip bintang.

Anda juga bisa mengidentifikasi planet lewat aplikasi astronomi seperti Star Walk atau Sky Tonight, yang dapat diarahkan ke langit malam untuk memberikan tampilan langsung dari apa yangsedangterjadi.