Motivasi Ilmuwan Berprestasi, BRIN dan LPDP Gelar Apresiasi Talenta Riset dan Teknologi 2023

Senin, 19 Juni 2023 - 12:49 WIB
loading...
Motivasi Ilmuwan Berprestasi, BRIN dan LPDP Gelar Apresiasi Talenta Riset dan Teknologi 2023
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyelenggarakan Apresiasi Talenta Riset dan Teknologi 2023. (Ist)
A A A
JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyelenggarakan Apresiasi Talenta Riset dan Teknologi 2023.

Program ini disebut sebagai bentuk apresiasi para ilmuwan, pakar, atau praktisi yang telah memberikan sumbangan nyata dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Iptek BRIN, Edy Giri Rachman Putra mengatakan, penyelenggaraan didasari oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional.

Menurutnya, BRIN sebagai satu-satunya lembaga pemerintah yang melakukan riset dan inovasi bertekad untuk menyelenggarakan kegiatan yang cerdas dan bergengsi.

"BRIN bekerja sama dengan LPDP Kementerian Keuangan merasa perlu memberikan penghargaan tertinggi secara berkelanjutan kepada perorangan maupun kelompok secara nasional atas prestasi capaiannya yang merupakan rekam jejak dari hasil riset dan inovasinya," kata Edy dalam acara peresmian yang dilangsungkan, Senin (19/6/2023).

"Harapan kedepan semakin banyak para talenta riset dan inovasi yang berprestasi baik dari BRIN, pergurian tinggi, lembaga riset swasta, industri maupun komunitas untuk mengikuti program apresisi ini sekaligus memotivasi para talenta muda untuk berkarya semaksimal mungkin dan memberikan kontribusi serta sumbangaih yang signifikan untuk masyarakat dan negara," lanjutnya.

Dalam momen yang sama, Direktur Utama LPDP, Andin Hadiyanto mengungkapkan bahwa program ini sejatinya merupakan bentuk apresiasi para ilmuwan, pakar, dan praktisi yang telah memberikan sumbangan nyata dan bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka juga mewujudkan tujuan grand design management talenta nasional yang merupakan amanat Presiden.

"Program ini juga merupakan bagian integral BRIN dalam rangka memperbaiki dan memperkuat ekosistem riset dan inovasi di Indonesia sekaligus merupakan implementasi best practices yang telah dilakukan di negara lain yang telah melakukan kemajuan besar di dalam riset dan inovasi yang juga mendorong peningkatan indeks inovasi Indonesia," kata Andin.

Pemberian apresisi lanjut Andin, menjadi langkah penting dalam memotivasi dan mengakui kontribusi mereka. Dengan memberikan penghargaan kita memberikan dorongan positif kepada peneliti untuk terus menghasilkan karya berkualitas tinggi.

"Ini juga akan menaikan citra dan reputasi riset Indonesia secara keseluruhan," tandasnya.

Untuk diketahui, Apresiasi Talenta Riset dan Teknologi 2023 terdiri dari penghargaan abibie Prize, Indonesia Inovator Award, Sarwono Award dan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture, Nurtanio Award dan Nurtanio Pringgoadisuryo Memorial Lecture serta Siwabessy Award dan G.A Siwabessy Memorial Lecture. Adapun besaran hadiah untuk masing-masing Rp 400 juta, dan Memorial Lecture Rp25 juta.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)