Titik Balik Matahari Musim Panas, Mars dan Venus serta Bulan Akan Terlihat Sekilas

Rabu, 21 Juni 2023 - 11:27 WIB
loading...
Titik Balik Matahari Musim Panas, Mars dan Venus serta Bulan Akan Terlihat Sekilas
Titik balik matahari musim panas berlangsung pada 21 Juni tahun ini. Menurut grafik Stellarium, Mars, Venus, dan bulan akan terlihat di London saat mereka menuju ke cakrawala barat. FOTO/SkyNews
A A A
LONDON - Titik balik matahari musim panas berlangsung pada 21 Juni tahun ini. Menurut grafik Stellarium, Mars, Venus, dan bulan akan terlihat di London saat mereka menuju ke cakrawala barat.

Apa titik balik matahari musim panas?

Titik balik matahari musim panas, ada lebih banyak siang hari, dan jam minimum di malam hari.

"Kebanyakan orang menganggap titik balik matahari musim panas sebagai satu hari, pada kenyataannya itu adalah momen yang tepat dalam waktu yang jatuh pada hari itu. Momen ini datang ketika di belahan mana pun anda berada paling condong ke arah Matahari," kata Royal Museums Greenwich.

Sedangkan untuk cara menontonnya, dimungkinan untuk melihat dengan mata telanjang, teropong atau teleskop dari ketiga planet tersebut.

Venus dapat dilihat pada siang hari dan akan terlihat seperti setitik cahaya putih terang di langit biru.

Begitu matahari terbenam, bulan, Venus, dan Mars kemungkinan menjadi lebih terlihat.

Menurut Space.com, Mars akan dekat dengan Venus, sekitar 4 derajat ke kiri atasnya, tampak bersinar agak lemah, akan menjadi Mars. Kemungkinan memerlukan teropong untuk melihatnya di senja yang cerah. bahkan setelah Venus menjadi jelas.

Orang-orang menandai titik balik matahari musim panas dengan berbagai cara di seluruh dunia.

Di Inggris, Stonehenge telah menjadi pusat perayaan, karena batu-batu berbaris untuk membingkai terbitnya matahari di titik balik matahari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)