Cari Kapal Selam Wisata Hilang, Tim Tangkap Suara-suara Menakutkan di Bangkai Titanic

Rabu, 21 Juni 2023 - 18:04 WIB
loading...
Cari Kapal Selam Wisata Hilang, Tim Tangkap Suara-suara Menakutkan di Bangkai Titanic
Alat sonar untuk mencari kapal selam wisata Titanic tangkap suara-suara aneh. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Tim penyelamat menggunakan sonar berhasil mendeteksi ' suara-suara aneh dan menakutkan ' di dekat area kapal selam yang membawa lima orang hilang saat menyelam untuk melihat bangkai kapal Titanic.



"Sebuah pesawat P-3 Kanada mendeteksi kebisingan di area pencarian. Oleh karena itu, kapal selam kendali jarak jauh dikerahkan untuk menemukan asal suara tersebut," kata Penjaga Pantai AS di akun Twitter resminya seperti dilansir AFP Rabu (21/6/2023).

Sebelumnya, tim penyelamat berharap kedatangan kapal selam khusus dan pakar Angkatan Laut AS dapat meningkatkan upaya untuk menemukan kapal selam turis yang hilang di dekat bangkai kapal Titanic karena pasokan oksigen menyusut dengan cepat.

Semua komunikasi dengan kapal selam sepanjang 6,5 meter itu terputus ketika menyelam Minggu lalu untuk melihat bangkai kapal Titanic, yang terletak hampir 4 kilometer di dasar Samudera Atlantik Utara.

Kapal selam bernama Titan itu membawa tiga penumpang termasuk seorang miliarder Inggris bersama dengan seorang taipan bisnis Pakistan dan putranya. Perusahaan Ekspedisi OceanGate mengenakan biaya USD250.000 untuk tempat duduk di kapal selam, yang seukuran truk.

Dalam perkembangan terkait, kapal dan pesawat Penjaga Pantai AS dan Kanada melakukan pencarian di zona seluas 19.683 kilometer persegi di tengah laut. Kapal selam itu menyelam di area sekitar 644 kilometer lepas pantai Newfoundland, Kanada.

Seorang juru bicara Angkatan Laut AS mengatakan sistem khusus untuk mengangkat benda berat dari kedalaman ekstrim, peralatan dan personel lainnya bergabung dalam upaya penyelamatan tadi malam.

Pentagon mengatakan telah mengerahkan pesawat C130 ketiga dan tiga pesawat C-17, sementara Institut Oseanografi Prancis mengumumkan bahwa robot bawah air dan para ahlinya akan tiba di tempat kejadian kemarin.

"Ini adalah pencarian yang sangat kompleks, sementara koalisi tim penyelamat bekerja 24 jam sehari untuk membawa semua aset dan keahlian yang tersedia secepat mungkin," kata Kapten Penjaga Pantai AS Jamie Frederick kepada wartawan.

Kapal selam Titan kehilangan kontak dengan permukaan kurang dari dua jam setelah menyelam.

Sementara itu, penulis AS yang mengunjungi bangkai kapal Titanic di kapal selam yang sama tahun lalu, Mike Reiss, menyebut pengalaman itu membingungkan dan menakutkan. Tekanan di kedalaman itu 400 kali lebih tinggi daripada di permukaan laut.

"Kompas kami tidak berfungsi dan kami bergerak seperti orang buta di dasar laut dengan pengetahuan bahwa bangkai kapal Titanic ada di luar sana," kata Reiss.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)