Ahli Pastikan Kekuatan Baterai Lebih Krusial dari Oksigen di Kapal Selam

Kamis, 22 Juni 2023 - 09:50 WIB
loading...
Ahli Pastikan Kekuatan Baterai Lebih Krusial dari Oksigen di Kapal Selam
Baterai di Kapal selam menjadi yang krusial selain oksigen. FOTO/ DAILY
A A A
PARIS - Faktor penyebab Kapal selam wisata hilang saat menuju lokasi tenggelamnya kapal Titanic di laut dalam masih dielusuri. Banyak ahli memprediksi kapal selam tersebut hilang kontak akibat baterai habis.



Alan Estrada, seorang aktor yang pernah melakukan perjalanan ke Titanic dengan kapal selam Titan yang hilang menceritakan bagaimana baterai kendaraan tiba-tiba habis selama ekspedisi, memaksanya untuk berkerja keras.

' Jika ada waktu empat jam yang mereka katakan padamu bahwa kamu, artinya kita harus bergerak lebih cepat '' tutur Alan seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (22/6/2023).

Kapal selam sendiri pada umumnya menggunakan baterai. tenaga yang dihasilkan dari baterai tersebut lantas disalurkan untuk menggerakan motor listrik Siemens jenis low-speed disalurkan langsung (tanpa gear pengurang putaran) melalui sebuah shaft ke baling-baling kapal selam. Baterai-baterai listrik pada kapal selam ini bobotnya sekitar 25 persen bobot bruto kapal selam itu sendiri.

Dari era kapal selam di Perang Dunia II, baterai lead acid masih jadi andalan bagi kapal selam diesel listrik. Alasan digunakannya baterai jenis ini ada beragam, diantaranya relatif murah, terbukti andal, dan dipahami dengan baik dari perspektif manajemen, dan yang tak kalah penting dipandang cukup aman dalam pengoperasian.

Gas hidrogen dihasilkan sebagai hasil dari beberapa mode pengisian baterai yang pada tingkat tertentu bisa sangat berbahaya. Oleh karena itu baterai dirancang untuk dapat dioperasikan pada minimal gassing rates. Umumnya kapal selam diesel listrik melaksanakan proses charging baterai pada saat berlayar di permukaan, sembari melakukan re-supply oksigen.

Pada prinsipnya, desain dan performa baterai kapal selam harus memenuhi aspek high endurance, high speed capability, design optimisation, charge acceptance, dan safety. Lifetime baterai kapal selam dengan perawatan yang baik dapat mencapai masa penggunaan hingga delapan tahun.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)