Gunung Pakaian Bekas di Gurun Atacama Terlihat dari Luar Angkasa

Jum'at, 23 Juni 2023 - 19:19 WIB
loading...
Gunung Pakaian Bekas di Gurun Atacama Terlihat dari Luar Angkasa
Ilustrasi gunung pakaian bekas. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Gunung pakaian yang dibuang di gurun Atacama, Chili utara, terlihat dari luar angkasa. Gunung pakaian itu tergambar dalam aplikasi citra satelit Skyfi, di mana 92 juta ton limbah pakaian dibuang per tahun.

Dengan gambar resolusi 20 inci (50 sentimeter) yang diposting ke blog Skyfi, pada 10 Mei menunjukkan gunung limbah pakaian itu telah tumbuh dibandingkan dengan kota terdekat.

Dilansir dari Space, gambar satelit dari tumpukan pakaian di gurun Atacama, Chili, menunjukan perubahan dalam dalam industri fashion.


"Pakaian di gunung sebagian besar diproduksi di China atau Bangladesh, dan kemudian dikirim ke toko-toko di AS, Eropa, dan Asia," tulis Agence France-Presse, dikutip Jumat (23/6/2023).

Dilanjutkan laporan itu, pada tahun 2021, diperkirakan sekitar 59.000 ton pakaian tiba di wilayah tersebut setiap tahun, masuk melalui pelabuhan Iquique, di dekatnya, di Zona Bebas Alto Hospicio, di Chili utara.

Beberapa pakaian dibeli pedagang pakaian dari ibu kota Chili, Santiago, yang berjarak 1.100 mil (1.800 kilometer) di selatan gunung pakaian, dan beberapa diambil penyelundup pakaian untuk dijual kembali di Amerika Latin.



"Bahkan dengan ini dipertimbangkan, gunung pakaian yang dibuang masih tumbuh sebesar 39.000 ton per tahun," jelasnya.

Pakaian tidak dapat dikirim ke tempat pembuangan sampah kota, karena tidak dapat terurai secara hayati dan berisi produk kimia, seperti Franklin Zepeda, pendiri Ecofibre, perusahaan yang mengubah pakaian menjadi panel isolasi.

"Dengan aplikasi web dan seluler kami, siapa pun dapat mengakses citra satelit untuk mengkonfirmasi cerita dan melihat dunia dari perspektif baru," tulis Skyfi.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3384 seconds (0.1#10.140)