Hilangnya 2 Bangkai Kapal Perang Belanda di Laut Jawa Bukti Melimpahnya Harta Karun

Minggu, 26 Juli 2020 - 17:46 WIB
loading...
Hilangnya 2 Bangkai Kapal Perang Belanda di Laut Jawa Bukti Melimpahnya Harta Karun
Kapal perang Belanda yang tenggelam di Laut Jawa Indonesia saat perang dunia ke II. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Hilangnya kapal dua kapal perang Belanda, HNLMS Java dan HNLMS De Ruyter dari Laut Sunda bukti di perairan Indonesia banyak berceceran harta karun. Hilangnya dua kapal ini berdasarakan hasi penyelidikan di Belanda.


Sebuah penyelidikan internasional telah dilakukan terkait hilangnya tiga bangkai kapal Perang Dunia II milik Belanda yang lenyap secara misterius di Laut Jawa. BACA JUGA - Harta Karun Berceceran, Perairan ASEAN Sampai Indonesia Jadi Incaran

Kementerian Pertahanan Belanda telah mengonfirmasi bahwa bangkai dua kapal perang yang tenggelam pada 1942 telah benar-benar hilang.

Dilansir dari Guardian, bangkai kapal pertama kali ditemukan secara utuh oleh penyelam amatir pada 2002 silam.

Namun, ekspedisi baru yang memperingati 75 tahun Pertempuran Laut Jawa, mengonfirmasi bahwa bangkai kapal tersebut hilang. Sementara, jejak dari bangkai kapal di dasar laut pun sudah tidak ada.

"Bangkai kapal HNLMS De Ruyter dan HNLMS Java tampaknya sudah benar-benar hilang. Sepotong bangkai kapal dari HNLMS Kortenaer juga hilang," demikian bunyi pernyataan dari Kemenhan Belanda.

Kedalaman laut di daerah ini lebih dari 70 meter. Semakin dalam semakin buram, dan jarak pandang kian pendek. Untuk mengetahui keadaan kapal, para penyelam harus turun ke dasar laut.

Namun, penyelam mendapati bangkai kapal yang dicarinya itu raib. Salah seorang penyelam, Pete Maisley, mengatakan “Tidak ada kerangka yang tersisa dari bangkai kapal perang raksasa itu,” katanya

"Penyelidikan telah diluncurkan untuk melihat apa yang terjadi, kabinet juga sudah diberitahu. Pengambilan bangkai kapal tanpa izin adalah pelanggaran serius," lanjut pernyataan itu lagi.

Tiga kapal perang Belanda tersebut adala kekalahan telak Belanda, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia saat melawan Jepang pada Februari 1942.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)