Virgin Galactic Luncurkan Penerbangan Luar Angkasa Komersial Pertamanya 29 Juni 2023

Selasa, 27 Juni 2023 - 23:53 WIB
loading...
Virgin Galactic Luncurkan Penerbangan Luar Angkasa Komersial Pertamanya 29 Juni 2023
Virgin Galactic dijadwalkan meluncurkan penerbangan luar angkasa komersial pertamanya pada 29 Juni 2023. Foto/Virgin Galactic
A A A
NEW MEXICO - Virgin Galactic dijadwalkan meluncurkan penerbangan luar angkasa komersial pertamanya pada 29 Juni 2023. Penerbangan komersial pertama ini akan mengirim tiga orang Italia dan seorang instruktur penerbangan Virgin Galactic ke luar angkasa.

Misi tersebut akan diluncurkan dari Spaceport America di New Mexico, kantor pusat komersial Virgin Galactic. Misi yang disebut Galactic 01 ini untuk mendukung penelitian bersama Angkatan Udara Italia dan Dewan Riset Nasional (Italia) yang disebut Virtute 1.

Sistem penerbangan luar angkasa Virgin Galactic juga akan menyertakan empat pilot pada dua kendaraannya. Dua pilot di atas pesawat pembawa VMS Eve yang akan terbang tinggi di atmosfer Bumi.



Kemudian dua pilot di atas pesawat ruang angkasa SpaceShipTwo VSS Unity yang akan pergi ke ruang suborbital dengan empat penumpang. Penerbangan 90 menit akan melihat kabin VSS Unity berubah menjadi laboratorium sains suborbital.

“Penelitian sains akan mencakup 13 percobaan (campuran otonom dan terpandu) yang akan mempelajari dinamika fluida dan bahan berkelanjutan untuk aplikasi medis,” keterangan Virgin Atlantic dikutip SINDOnews dari laman Space, Selasa (27/6/2023).

Proses penerbangan melihat VMS Eve meninggalkan landasan dengan Unity di bawah sayapnya. Pada ketinggian 50.000 kaki atau 15.000 meter, Eve melepaskan Unity untuk terbang sendiri. Unity memiliki kapasitas maksimal enam penumpang.

Unity kemudian menyalakan motor roketnya untuk terbang ke ruang suborbital. Keempat anggota kru Unity kemudian akan memiliki beberapa menit tanpa bobot di mana mereka akan melihat kelengkungan Bumi melawan kegelapan ruang sebelum meluncur kembali ke Bumi.



Pesawat Unity telah terbang lima kali ke ruang suborbital, terakhir pada 25 Mei. Sebelum penerbangan itu, Unity terakhir terbang pada Juli 2021. Jika Galactic 01 berjalan sesuai rencana, Unity dan Eve akan terbang lagi dengan relatif cepat: Penerbangan kedua, yang disebut Galactic 02, direncanakan pada awal Agustus.
Virgin Galactic Luncurkan Penerbangan Luar Angkasa Komersial Pertamanya 29 Juni 2023


Bergabung dengan misi ini membutuhkan banyak uang, karena tiket di VSS Unity berharga USD450.000. Tidak lebih awal dari tahun 2026, Virgin Galactic akan meluncurkan satu set pesawat luar angkasa "kelas Delta" baru yang mampu terbang ke luar angkasa seminggu sekali.

Perusahaan ini bersaing dengan Blue Origin, perusahaan luar angkasa milik pendiri Amazon Jeff Bezos. Kendaraan Shepard Baru Blue Origin belum diluncurkan sejak September 2022, ketika mengalami anomali selama penerbangan penelitian tanpa awak.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4777 seconds (0.1#10.140)