IAEA Pastikan Rencana Jepang Buang Air Radioaktif Sudah Sesuai ALPS

Selasa, 04 Juli 2023 - 20:29 WIB
loading...
IAEA Pastikan Rencana Jepang Buang Air Radioaktif Sudah Sesuai ALPS
pengawas nuklir PBB juga mengatakan bahwa pelepasan air yang diolah oleh Sistem Pemrosesan Cairan Lanjutan (ALPS), sistem pemurnian pabrik, menghasilkan sedikit dampak radiologis pada manusia dan lingkungan.. FOTO/ REUTERS
A A A
TOKYO - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pastikan rencana Jepang untuk melepaskan air radioaktif nuklir Fukushima ke laut sudah sesuai standar keamanan.


Setelah tinjauan selama dua tahun, pengawas nuklir PBB juga mengatakan bahwa pelepasan air yang diolah oleh Sistem Pemrosesan Cairan Lanjutan (ALPS), sistem pemurnian pabrik, menghasilkan sedikit dampak radiologis pada manusia dan lingkungan.

“Berdasarkan penilaian komprehensifnya, IAEA menyimpulkan bahwa pendekatan dan aktivitas pembuangan air olahan ALPS Jepang konsisten dengan standar keselamatan internasional yang relevan,''

"IAEA mengatakan pelepasan air yang diolah secara terkendali dan bertahap ke laut, seperti yang saat ini direncanakan dan dinilai oleh TEPCO (Tokyo Electric Power), akan memiliki dampak radiologis yang sangat kecil pada manusia dan lingkungan," Kantor Berita Yonhap melaporkan mengutip Direktur Jenderal IAEA , Rafael Mariano Grossi.

Grossi secara resmi mempresentasikan laporan tersebut kepada Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo pada hari sebelumnya.

Dia mengatakan laporan gugus tugas IAEA dan pakar independen dari 11 negara berbeda mewakili pencapaian penting dalam tinjauan IAEA.

“IAEA akan terus memberikan transparansi kepada komunitas internasional yang memungkinkan semua pemangku kepentingan mengandalkan fakta dan sains yang terverifikasi untuk menginformasikan pemahaman mereka tentang masalah ini selama proses berlangsung,” katanya.

Tinjauan keselamatan akan terus memastikan Jepang dan TEPCO menerapkan standar keselamatan internasional yang relevan selama proses emisi selama beberapa dekade.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2454 seconds (0.1#10.140)