Bangkai Pesawat Perang Dunia II Ditemukan Terkubur di Ukraina

Selasa, 04 Juli 2023 - 23:08 WIB
loading...
Bangkai Pesawat Perang Dunia II Ditemukan Terkubur di Ukraina
Bangkai pesawat Perang Dunia II tertimbun tanah. FOTO/ BBC
A A A
JAKARTA - Pihak berwenang Ukraina telah menemukan puing-puing yang diyakini berasal dari reruntuhan delapan pesawat Hurricane Inggris yang digunakan selama Perang Dunia Kedua.



The Guardian melaporkan bahwa reruntuhan pesawat ditemukan terkubur di dekat bom yang belum meledak dari era yang sama, di kawasan hutan di selatan Kyiv.

Pesawat tempur itu diyakini dikirim ke Uni Soviet oleh Inggris setelah Nazi Jerman menginvasi negara itu pada 1941.

Mantan pilot yang memimpin pekerjaan penggalian, Oleks Shtan menggambarkan penemuan reruntuhan pesawat tempur sebagai hal yang sangat langka di Ukraina.

"Penemuan ini sangat penting bagi sejarah penerbangan karena belum pernah ada pesawat sewaan yang ditemukan di daerah ini sebelumnya," katanya kepada BBC.

Kabarnya, Badai pernah berhasil menembak jatuh lebih dari setengah dari semua pesawat tempur Jerman selama kampanye militer Perang Dunia Kedua, Pertempuran Britania.

Badai dikatakan sebagai bagian dari pasokan hampir 3.000 pesawat tempur yang dikirim ke Uni Soviet antara tahun 1941 dan 1944 untuk mendukung upaya perang Soviet.

"Badai adalah pesawat yang padat dan mudah diterbangkan.

“Itu stabil sebagai platform senjata dan cocok bahkan untuk pilot yang tidak berpengalaman. Badai adalah pesawat yang andal," katanya.

Puing-puing pesawat yang berkarat itu dikabarkan terpisah dari beberapa komponen penting seperti radio dan senjata kemudian diseret ke kawasan hutan.

Pengelola Museum Penerbangan Nasional Ukraina bermaksud merakit kembali semua bagian pesawat dan memamerkannya ke publik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3701 seconds (0.1#10.140)