Pesawat Ruang Angkasa Orion Dilapisi Pelindung Panas, Tahan Suhu 2.760 Derajat Celcius

Sabtu, 08 Juli 2023 - 14:06 WIB
loading...
Pesawat Ruang Angkasa Orion Dilapisi Pelindung Panas, Tahan Suhu 2.760 Derajat Celcius
Pesawat ruang angkasa Orion untuk misi Artemis 2 mulai dipasang pelindung panas di Kennedy Space Center (KSC) NASA di Florida. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - Pesawat ruang angkasa Orion untuk misi Artemis 2 mulai dipasang pelindung panas di Kennedy Space Center (KSC) NASA di Florida. Sistem perlindungan termal yang dipasang di bagian luar pesawat ini mampu menahan panas sehingga 5.000 derajat Fahrenheit atau 2.760 derajat Celcius.

Pesawat ruang angkasa Orion akan membawa empat orang awak yang dijadwalkan diluncurkan menggunakan roket Space Launch System (SLS) NASA pada akhir 2024. Misi tersebut akan membawa awak ke luar angkasa untuk mengelilingi bulan menempuh jarak yang lebih jauh dari yang pernah ditempuh manusia mana pun.

Misi Artemis 2 akan menggunakan profil lintasan kembali-bebas, yang menghindari pembakaran injeksi orbital di bulan dan menempatkan pesawat ruang angkasa pada jalur kembali ke Bumi. Jadi, kru Artemis 2 akan terbang mengelilingi bulan tanpa benar-benar memasuki orbitnya.



Setelah pesawat Orion menyelesaikan lintasan bulannya, kru Artemis 2 akan berada di jalur kembali ke Bumi dan mendarat di laut. Jadi pesawat Orion menembus lapisan atmosfer Bumi dan mendarat di laut dengan parasut.

Untuk melindungi pesawat ruang angkasa dan awak astronotnya saat Orion menembus atmosfer terluar Bumi yang berbentuk gas, pelindung panas berdiameter 5 meter akan menutupi seluruh bagian bawah kendaraan. Saat kembali dari bulan, Orion akan menabrak atmosfer dengan kecepatan lebih dari 25.000 mil/jam atau 40.230 km/jam.
Pesawat Ruang Angkasa Orion Dilapisi Pelindung Panas, Tahan Suhu 2.760 Derajat Celcius


Saat itu suhu di bagian luar kapsul akan mencapai 5.000 derajat Fahrenheit atau 2.760 derajat Celcius. Perisai panas Orion akan menyerap sebagian besar energi itu, memungkinkan kabin di dalamnya tetap pada suhu yang nyaman selama astronot jatuh kembali ke Bumi.

“Tim teknisi menyelesaikan instalasi pelindung panas Artemis 2 pada 25 Juni, di dalam Operasi Neil Armstrong dan Gedung Checkout di KSC,” keterangan NASA dikutip SINDOnews dari laman Space, Sabtu (8/7/2023).



Selanjutnya, panel luar Orion akan diamankan dan pesawat luar angkasa disiapkan untuk pengujian akustik. Orion memiliki instalasi perangkat keras tambahan dan kualifikasi kendaraan untuk bertahan sebelum dinyatakan layak ruang angkasa.
Pesawat Ruang Angkasa Orion Dilapisi Pelindung Panas, Tahan Suhu 2.760 Derajat Celcius


NASA saat ini menargetkan akhir tahun 2024 untuk peluncuran Artemis 2, yang akan menerbangkan manusia ke bulan untuk pertama kalinya sejak program Apollo berakhir lebih dari 50 tahun lalu. Sebelumnya pada November 2022, kapsul Orion tanpa awak diluncurkan di Artemis 1, perjalanan 25 hari ke orbit bulan dan kembali.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2659 seconds (0.1#10.140)