China Ungkap Detail Rencana Pendaratan Astronot di Bulan Tahun 2030

Jum'at, 14 Juli 2023 - 07:37 WIB
loading...
China Ungkap Detail Rencana Pendaratan Astronot di Bulan Tahun 2030
China mengungkapkan beberapa detail tentang rencana ambisiusnya melakukan pendaratan astronot di Bulan pada tahun 2030. Foto/Space/
A A A
BEIJING - China mengungkapkan beberapa detail tentang rencana ambisiusnya melakukan pendaratan astronot di Bulan pada tahun 2030. Rencana itu melibatkan dua peluncuran, satu untuk pendarat bulan dan satu untuk awak.

Pada akhir Mei 2023, pejabat antariksa China mengumumkan rencana misi mendaratkan astronot di bulan pada tahun 2030. Pada Rabu 12 Juli 2023, Beijing mengungkapkan detail misi pendaratan ke Bulan dari seorang insinyur Badan Antariksa Berawak China.

Menurut laporan Reuters mengutip liputan media pemerintah China tentang presentasi insinyur Badan Antariksa Berawak China di Wuhan, konsep misi ini melibatkan dua peluncuran roket. Salah satu peluncuran itu akan menerbangkan pendarat bulan, dan yang lainnya akan mengirim astronot ke angkasa.



“Rencana roket kembar akan mengatasi rintangan teknologi lama China dalam mengembangkan roket tugas berat yang cukup kuat untuk mengirim astronot dan wahana pendarat ke Bulan," tulis Reuters dikutip SINDOnews dari laman Space, Jumat (14/7/2023).

Pendarat dan pesawat ruang angkasa berawak akan bertemu di orbit bulan. Para astronot akan pindah ke pendarat dan kemudian menuju ke permukaan bulan, untuk melakukan berbagai penelitian ilmiah dan mengumpulkan beberapa sampel bulan.
China Ungkap Detail Rencana Pendaratan Astronot di Bulan Tahun 2030


Pendarat kemudian akan membawa penjelajah kembali ke orbit bulan, mereka akan kembali ke pesawat ruang angkasa untuk perjalanan kembali ke Bumi. Tidak jelas berapa banyak astronot yang akan terbang dalam misi tersebut.

Pendaratan di bulan tidak akan menjadi satu kali, jika semuanya berjalan sesuai rencana. China menargetkan membangun pos penelitian berawak di bulan pada tahun 2030-an, sebuah proyek besar bersama Rusia sebagai mitra.



NASA memiliki rencananya sendiri untuk mendirikan pangkalan di bulan, sebagai salah satu tujuan utama dari program Artemis. Misi pertama program itu, Artemis 1, mengirim kapsul Orion tanpa awak ke orbit bulan dan kembali akhir tahun lalu.

Berikutnya, Artemis 2, dijadwalkan meluncurkan empat astronot mengelilingi bulan pada akhir 2024. Artemis 3 akan mendaratkan astronot di dekat kutub selatan bulan dengan kendaraan Starship SpaceX akhir 2025 atau 2026.

NASA dan China tidak bekerja sama dalam proyek luar angkasa besar. Sejak 2011, undang-undang AS telah melarang badan antariksa AS, serta Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih, untuk bekerja sama dengan China.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)