Ditanya Soal Keberadaan Alien, Begini Jawaban Elon Musk

Senin, 17 Juli 2023 - 06:53 WIB
Ditanya Soal Keberadaan Alien, Begini Jawaban Elon Musk
Elon Musk memiliki pandangannya sendiri terhadap keberadaan alien. Foto: Reuters
JAKARTA - Berita tentang alien belakangan semakin marak belakangan ini, seiring banyak klaim baru soal bukti-bukti keberadaan alien. Soal alien ini, banyak warganet yang bertanya kepada Elon Musk.

Dan pertanyaan itu dijawab langsung oleh Elon Musk saat berdiskusi di Twitter Space belum lama ini. Sebenarnya, diskusi itu tidak membahas alien. Tapi, lebih kepada berdiskusi tentang kecerdasan buatan: risiko, manfaat, dan masa depan AI yang akan datang. Ini karena Musk sendiri memiliki startup baru xAI, yang berfokus pada AI.

Tapi, pembahasan diskusi jadi sedikit menyimpang, masuk ke dalam topik luar angkasa, serta peradaban multi-planet dan tentu saja: alien.

Musk, yang memiliki misi membawa umat manusia ke Mars, berpikir bahwa, “kita harus bisa menjadi peradaban penjelajah luar angkasa, semacam spesies multi-planet,” kata bos Space X itu.

Meski demikian, misi tersebut mungkin belum akan terwujud dalam waktu dekat. Nah, untuk sementara waktu, Musik berniat menjelajahi beberapa realitas fundamental alam semesta, sesuatu yang digaungkan dalam pernyataan misi perusahaan AI barunya, xAI.

Musk ingin AI bisa memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan terkait alam semesta. “Jika saya berbicara tentang motivasi pribadi saya di sini, saya selalu bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini,” kata Musk.

“Saya mencoba memahami sifat Alam Semesta. Apakah ada alien? Di mana mereka? Alam Semesta telah ada selama miliaran tahun, jadi mengapa kita belum melihat bukti adanya alien?” tambahnya.

Menurut Musk, banyak orang percaya bahwa pemerintah menyembunyikan keberadaan alien. “Tapi sejauh ini saya tidak melihat bukti adanya alien. Dan saya selalu ditanya soal ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan, memang wajar jika publik sangat penasaran dengan adanya alien. Minimnya bukti-bukti keberadaan alien, menurut Musk, justru menakutkan.
“Ini artinya kehidupan, maupun kesadaran ternyata sangat langka. Mungkin kita satu-satunya, paling tidak di Galaksi ini.

Nah, kita sebagai satu-satunya kehidupan bagi saya tampak seperti lilin kecil dalam kegelapan yang pekat. Nah, kita harus melakukan yang terbaik untuk memastikan lilin itu tidak padam."