Bradley Terbaru dengan Sistem Perlindungan BUSK Tiba di Ukraina, Mampu Jinakkan Tank Rusia?

Senin, 24 Juli 2023 - 10:57 WIB
loading...
Bradley Terbaru dengan Sistem Perlindungan BUSK Tiba di Ukraina, Mampu Jinakkan Tank Rusia?
Kendaraan tenpur infanteri (infantry fighting vehicles) Bradley versi terbaru bantuan Amerika Serikat (AS) sudah tiba di Ukraina. Foto/US DoD/Bloomberg/BlogDefence
A A A
KIEV - Kendaraan tempur infanteri (infantry fighting vehicles) Bradley versi terbaru bantuan Amerika Serikat (AS) sudah tiba di Ukraina . Ranpur M2A2 Bradley ODS versi terbaru ini dilengkapi dengan sistem perlindungan lapis baja yang lebih baik, yaitu Bradley Urban Survival Kit (BUSK).

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Senin (24/7/2023), sistem perlindungan BUSK yang komprehensif mencakup pelindung tambahan untuk berbagai bagian kendaraan, termasuk menara komandan. Perlindungan BUSK juga meliputi bagian bawah Bradley untuk perlindungan terhadap alat peledak atau ranjau, dan pelindung ekstra untuk sel bahan bakar, kursi pengemudi, dan menara.

“Peningkatan penting termasuk batu bata explosive reactive armor (ERA) berbentuk kotak atau Bradley Reactive Armor Tiles (BRAT) yang dirancang untuk menetralkan efek senjata anti-tank,” tulis Bulgarian Military.



Kehadiran ranpur Bradley terbaru diharapkan mampu membantu Ukraina menjinakkan tank-tank Rusia. Apalagi pasukan Ukraina menghadapi ancaman dari peluru kendali dan ranjau anti-tank. Sistem lapis baja BUSK diharapkan memberikan perlindungan maksimal terhadap ancaman ini.
Bradley Terbaru dengan Sistem Perlindungan BUSK Tiba di Ukraina, Mampu Jinakkan Tank Rusia?


Meskipun mengalami banyak kerugian dan kerusakan, Bradley sering melindungi awak di dalamnya. Beberapa unit Bradley yang rusak telah diperbaiki dan dikembalikan ke medan perang.

Data Oryx menyebutkan Ukraina telah kehilangan 15 Bradley hancur, 16 rusak, dan empat ditinggalkan di medan perang. AS telah menjanjikan 190 Kendaraan Tempur Infanteri Bradley ke Ukraina.

Mengenal Sistem Perlindungan Lapis Baja BUSK

Sistem perlindungan lapis baja BUSK terbuat dari berbagai bahan, termasuk baja, aluminium, dan bahan komposit berupa kombinasi bahan baja dan keramik. Lambung Bradley yang terbuat dari aluminium akan menjadi lebih kuat dan berat sehingga memberikan keseimbangan yang baik.

Batu bata lapis baja reaktif pada BUSK dirancang untuk meledak saat terkena RPG yang masuk, mengganggu daya ledak muatannya dan mengurangi keefektifannya. Armor slat, yang terdiri dari batang logam yang dipasang di sisi kendaraan, dirancang untuk meledakkan RPG yang masuk sebelum mengenai armor utama, sehingga mengurangi keefektifannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)