5 Fakta Unik Ranpur Bradley, Dibekali Rudal Pembunuh Tank

Jum'at, 21 Juli 2023 - 11:08 WIB
loading...
5 Fakta Unik Ranpur Bradley, Dibekali Rudal Pembunuh Tank
Bradley Infantry Fighting Vehicle Bradley (Bradley IFV) adalah platform kendaraan tempur lapis baja yang dirancang untuk mengangkut personel infanteri. Foto/Wikipedia/Military
A A A
JAKARTA - Bradley Infantry Fighting Vehicle Bradley (Bradley IFV) adalah platform kendaraan tempur lapis baja yang dirancang untuk mengangkut personel infanteri. Kendaraan Tempur Infanteri Bradley juga punya peran tambahan sebagai pengintai dan memberikan tembakan perlindungan untuk menekan musuh.

Jadi Bradley bukan tank, karena fungsi utamanya mengangkut dan memberikan perlindungan personel infanteri. Berbeda dengan tank tempur utama (main battle tank) yang dirancang punya fungsi destruktif, seperti menghancurkan tank musuh atau target potensial lainnya.

Berikut 5 fakta unik tentang kendaraan tempur (Ranpur) Bradley yang sering dikira tank, dirangkum SINDOnews dari laman Military, Reuters, dan New York Times, Jumat (21/7/2023).

1. Peran yang Istimewa

5 Fakta Unik Ranpur Bradley, Dibekali Rudal Pembunuh Tank

Bradley hadir untuk menjembatani kekosongan peran antara tank konvensional dan ranpur pengangkut personel di medan perang. Tank dirancang untuk menghancurkan target musuh, namun tidak bisa membawa banyak personel infanteri.



Sedangkan ranpur pengangkut personel, tidak mempunyai daya gempur sehebat tank meskipun mampu memobilisasi banyak pasukan infanteri. Nah, Bradley hadir sebagai ranpur pengangkut personel dengan kemampuan memberikan tembakan setara dengan tank.

Untuk itu, Bradley dibekali senjata mematikan meriam kecil 25 milimeter yang sering membuatnya dikira tank. Padahal tank tempur utama menggunakan meriam besar 120 milimeter dan tank tempur ringan memakai meriam 105 milimeter.

2. Dibekali Rudal Pembunuh Tank

5 Fakta Unik Ranpur Bradley, Dibekali Rudal Pembunuh Tank

Ranpur lapis baja Bradley dibekali senjata mematikan yang mampu menghancurkan tank musuh, yaitu rudal anti-tank TOW. Rudal anti-tank TOW atau Tube-launched, Optically tracked, Wire-guided dipasangan di turret (menara) komando bersama dengan meriam dan senapan mesin.

Rudal anti-tank TOW ditembakkan dari tabung peluncur, melacak target menggunakan optik, dan dipandu secara nirkabel. Rudal yang digunakan biasanya BGM-71 TOW yang dapat melaju 300 meter/detik dengan jangkauan 3.750 meter.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3352 seconds (0.1#10.140)