Sepeda Air Manta5 Hydrofoil Bike SL3 Bisa Jadi Solusi Kemacetan Jakarta

Jum'at, 28 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
Sepeda Air Manta5 Hydrofoil Bike SL3 Bisa Jadi Solusi Kemacetan Jakarta
Sepeda air Manta5 Hydrofoil Bike bisa jadi transportasi alternatif mengatasi kemacetan yang terjadi di Jakarta. Foto: Manta5 Hydrofoil Bike
A A A
AMERIKA - Sepeda air Manta5 Hydrofoil Bike SL3 dianggap bisa jadi transportasi alternatif mengatasi kemacetan Jakarta. Sebab, bersepeda ke kantor di beberapa jalanan Ibu Kota dianggap tetap rumit.

Bayangkan jika Anda menggowes sepeda air Manta5 Hydrofoil Bike SL3 di beberapa sungai yang terkoneksi dengan Ibu Kota. Pengguna sepeda air ini bakal leluasa berjalan di atas air hingga kecepatan 20 kilometer per jam tanpa harus pusing terjebak kemacetan.

Guy Howard-Willis, pendiri perusahaan Manta5, mengatakan Manta5 Hydrofoil Bike merupakan sepeda air yang pertama kali dibuat dalam bentuk konsep pada 2011.

Butuh waktu lama buat mereka membuat sepeda air jadi nyata. Sampai-sampai proses pengujiannya memakan waktu hingga tujuh tahun. Pasalnya agak sulit memang membuat sebuah sepeda roda dua yang bisa berjalan di atas air.

Dari situ mereka kemudian mencoba mengadaptasi teknik hydrofoil yang sama dengan aerofoil pada sayap pesawat. Teknik ini sebenarnya sudah banyak digunakan di beberapa kapal laut wisata berukuran sedang.

Kapal-kapal yang menggunakan teknik tersebut kerap disebut kapal laut terbang. Sebab, di bagian lambung kapal dipasang sayap yang bisa mengangkat kapal terbang di atas air ketika berada dalam kecepatan tinggi.

Sepeda Air Manta5 Hydrofoil Bike SL3 Bisa Jadi Solusi Kemacetan Jakarta

Konsep itu yang kemudian coba diterapkan di Manta5 Hydrofoil Bike. Pengguna sepeda air itu memang dilengkapi sayap di bagian bawah. Agar sepeda dapat mudah terangkat, frame Manta5 Hydrofoil Bike SL3 dibuat dari aluminium. Untuk menggerakkannya pengguna terlebih dulu harus menggowes dan mengangkat bagian depan sepeda ke arah atas agar sayap terangkat.

Baca Juga: Peugeot Resmi Luncurkan Tiga Model Sepeda Listrik

Semakin cepat menggowes maka semakin mudah sepeda berjalan di atas air. Namun setelahnya pengguna bisa memanfaatkan bantuan motor listrik berkekuatan 400 watt untuk menjalankan sepeda air tersebut hingga kecepatan maksimal 20 kilometer per jam.

Guy Howard-Willis mengaku Manta5 Hydrofoil Bike SL3 dibuat awalnya untuk bersenang-senang. Sepeda air itu ditujukan untuk aktivitas air yang ada di pantai.

"Tapi saya sebenarnya ingin sepeda air ini bisa jadi cabang olahraga yang ditandingkan di kompetisi olahraga dunia," jelasnya.

Saat ini Manta5 Hydrofoil Bike SL3 dijual dengan harga USD9.000 atau setara Rp134,5 juta. Mahal memang tapi sepadan dengan fungsi dan kesenanganyangdiberikan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)