Pesawat Luar Angkasa Legendaris Voyager 2 Menghilang, Upaya Pencarian NASA Mulai Membuahkan Hasil

Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:37 WIB
loading...
Pesawat Luar Angkasa Legendaris Voyager 2 Menghilang, Upaya Pencarian NASA Mulai Membuahkan Hasil
Pesawat luar angkasa Voyager 2 hilang sejak 21 Juli 2023 lalu. (Foto: NASA/JPL-Caltech)
A A A
JAKARTA - Upaya pencarian pesawat luar angkasa legendaris Voyager 2 yang menghilang sejak 21 Juli 2023 lalu, mulai membuahkan hasil.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration ( NASA ) memastikan Voyager 2 masih mengirimkan sinyal ke Bumi, setelah memaksimalkan antena-antena DSN yang dimiliki secara bersamaan.

"Sinyalnya terlalu redup untuk data yang akan diekstrak, tetapi pendeteksian menegaskan bahwa pesawat ruang angkasa masih beroperasi," tulis NASA, Rabu (2/8/2023).

Setelah pesawat berhasil dideteksi, NASA berupaya mengembalikan Voyager 2 ke lintasan yang diharapkan. Mereka juga berupaya mengirimkan kode perintah yang bisa diterima Voyager 2 agar bisa mengarahkan antenanya ke Bumi.

NASA mengatakan upaya ini mungkin tidak berhasil. Hanya saja jika hal itu tidak berhasil, maka secara otomatis Voyager 2 akan melakukan orientasi ulang atau reset pada 15 Oktober 2023.



Sejak pertama kali terbang ke luar angkasa pada 1977, baru kali ini NASA kehilangan jejak Voyager 2. Dalam situs resmi NASA disebutkan hilangnya Voyager 2 diketahui terjadi pada 21 Juli 2023 lalu. Tiba-tiba Voyager 2 tidak bisa menerima perintah atau mengirim kembali data ke antena radio raksasa yang dimiliki NASA.

"Voyager 2 terletak lebih dari 19,9 miliar kilometer dari Bumi. Perubahan yang terjadi telah menggangu komunikasi antara Voyager 2 dan antena darat Deep Space Networtk (DSN) NASA," tulis NASA.

NASA memang pantas kelimpungan saat Voyager 2 tiba-tiba menghilang. Pasalnya sejak berada di luar angkasa pada 1977 lalu, Voyager 2 telah menghasilkan banyak data penting akan keberadaan luar angkasa .

Baca Juga: Perkuat Ramalan Jayabaya, The Voyager Sebut 2023 Kiamat Akan Dimulai dari Belanda


Voyager 2 diyakini merupakan satu-satunya pesawat luar angkasa yang berhasil menyelesaikan Planetary Grand Tour yakni mengunjungi sekaligus Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Keberhasilan mengunjungi semua planet luar membuat Voyager 2 disebut sebagai wahana penjelajah ruang angkasa paling produktif.

Tidak heran jika NASA berupaya keras menemukan kembali Voyager 2.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4014 seconds (0.1#10.140)