Apa yang Ditakuti Laron supaya Tidak Masuk Rumah? Ini 5 Langkah Mengusirnya

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 17:11 WIB
loading...
Apa yang Ditakuti Laron supaya Tidak Masuk Rumah? Ini 5 Langkah Mengusirnya
Laron suka mengerumuni cahaya lampu di malam hari setelah hujan. Foto/Organicconsumer
A A A
JAKARTA - Laron suka mengerumuni cahaya lampu di malam hari setelah hujan. Serangga kecil bersayap ini sering masuk ke rumah untuk mendekati cahaya lampu yang ada.

Meski tidak berbahaya, keberadaan laron di dalam rumah dapat mengganggu kenyamanan. Cahaya dari lampu juga membantu melepaskan sayap laron sehingga mengotori rumah.

Lalu, bagaimana cara mengusir laron agar keluar dari rumah? Simak ulasannya berikut ini.

Apa yang Ditakuti Laron supaya Tidak Masuk Rumah?

Laron biasanya keluar dari sarangnya di dalam tanah di malam hari dan terbang mencari cahaya lampu untuk menghangatkan diri. Ribuan laron akan beterbangan di bawah cahaya lampu mulai dari jalan raya hingga lampu-lampu rumah.



Berikut cara mengusir laron dari dalam rumah.

1. Menggantungkan Irisan Cabe di Sekitar Lampu

Cabai merah menjadi salah satu benda yang paling ditakuti laron karena aromanya yang menyengat. Hal ini bisa digunakan untuk mengusir laron dari dalam rumah.

Laron akan sangat menghindari area yang tercium aroma cabai merah sehingga akan pergi dengan sendirinya jika sudah mencium aroma cabai merah.

Langkah pertama mengusir laron dengan cabai merah adalah dengan mengiris cabai merah hingga aromanya keluar, kemudian gantungkan cabai merah di area lampu.

2. Menggunakan Rumput Akar Wangi

Selain aroma cabai, aroma dari tumbuhan rumput akar wangi juga sangat ditakuti laron. Aroma khas dari tumbuhan rumput akar wangi secara alami bisa mengusir laron dan serangga lainnya.

Sama seperti aroma cabai, gantungkan rumput akar wangi di sekitar sumber cahaya tempat laron berkumpul. Aroma yang dihasilkan dari rumput akar wangi akan membuat laron enggan mendekat.


3. Matikan Sumber Cahaya

Seperti yang sudah diketahui, laron akan terbang di sekitar di mana ada sumber cahaya terang seperti lampu. Cara mudah mengusir laron di dalam rumah dengan mematikan lampu yang ada di dalam rumah. Dengan begitu laron akan segera menghindar dan mencari sumber cahaya lainnya.

4. Menaruh Air dalam Baskom

Selain mematikan lampu, cara lainnya untuk mengurangi jumlah laron yang ada di dalam rumah dengan menaruh air dalam baskom.

Letakan wadah baskom yang sudah diberi air tepat di bawah lampu sehingga air tersebut bisa memantulkan cahaya lampu. Laron akan mengira air ini adalah lampu dan mendekat ke dalam air.

5. Menyalakan Lilin

Selanjutnya adalah menyalakan lilin untuk mengurangi jumlah laron yang ada di dalam rumah. Dengan menyalakan lilin, laron akan mendekat ke sumber cahaya ini. Pastikan Anda mematikan lampu terlebih dahulu.

Setelah laron mendekat ke arah cahaya lilin, laron akan segera menghindar. Hal ini karena lilin memberi sensasi panas yang tidak disukai laron. Otomatis laron akan pergi dengan sendirinya.

Itulah ulasan mengenai apa yang ditakuti laron supaya tidak masuk rumah dan 5 cara untuk mengusir laron. Semoga cara ini bermanfaat bagi para pembaca.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6026 seconds (0.1#10.140)