Disebut oleh Rasulullah SAW, Inilah 11 Bintang yang Bersujud kepada Nabi Yusuf AS

Minggu, 06 Agustus 2023 - 10:30 WIB
loading...
Disebut oleh Rasulullah SAW,  Inilah 11 Bintang yang Bersujud kepada Nabi Yusuf AS
11 BIntang yang dipercaya bersujud kepada Nabi Yusuf AS. FOTO/ LIVE SCIENCE
A A A
KAIRO - Peristiwa astronomi unik di antariksa banyak yang dikaitkan Nabi-nabi utusan Allah SWT ke Bumi. Salah satu bintang-bintang yang bersujud kepada Nabi Yusus AS.



Tanda nabi Yusuf akan menjadi seorang raja sudah nampak sejak dirinya masih kecil, yaitu sebuah mimpi yang memperlihatkan matahari, bulan dan bintang- bintang bersujud padanya.

Mimpi yang dialami Nabi Yusuf berupa bintang bersujud adalah pertanda bahwa kelak dirinya akan menjadi orang besar, sampai diangkat sebagai Rasul Allah.

Bintang- bintang bersujud kepada Nabi Yusuf ini bukanlah bintang pada umumnya, melainkan bintang yang menunjukkan kemuliaan putra nabi Ya'kub ini, dan semuanya memiliki nama masing-masing.

Adapun riwayat yang menjelaskan bahwa bintang-bintang tersebut memiliki nama, sebagaimana di tulisakan dalam buku kisah para Nabi, karya Ibnu Katsir.

Seperti yang dituliskan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Hatim, yang meriwayatkan dalam tafsir masing, termasuk Abu Ya'la dan Imam Bazzar juga menuliskan nama bintang- bintang bersujud pada Nabi Yusuf.

Kendati riwayat ini dikatakan lemah oleh sebagian ahli hadits, namun tidak menjadikan kisah ini hanya fiktif belaka.

Dikisahkan ada orang Yahudi bernama Bustanah menemui Nabi Mumammad SAW, lalu berkata," Hai Muhammad! beritahukan padaku nama-nama bintang yang bersujud pada Nabi Yusuf dalam mimpinya,"

Rasulullah diam sejenak, kemudian malaikat Jibril datang menghampiri Nabi dan memberitahukan nama-nama bintang bersujud pada Nabi Yusuf tersebut.

Lantas Rasulullah balik bertanya kepada orang Yahudi tersebut,"Apakah engkau akan beriman kepadaku jika aku kasih tahu nama-nama bintang bersujud tersebut ?"

Orang Yahudi tersebut berjanji akan beriman kepada Rasulullah jika sanggup menjawab pertanyaannya.

Akhirnya, Rasulullah mengatakan bahwa nama-nama bintang bersujud pada Nabi Yusuf adalah sebagai berikut,


- Jaryan
- Thariq
- Dzayyal
- Dzul Katifan
- Qabis
- Watstsab
- Amudan
- Faliq
- Musbih
- Dharuh, dan
- Dzul Furu'

Adapun takwil mimpi tersebut adalah, untuk matahari di tafsirkan sebagai ayah, dan bulan sebagai ibu, sementara bintang- bintang bersujud adalah takwilan saudara-saudara Nabi Yusuf.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3182 seconds (0.1#10.140)