Minggu, 06 Agustus 2023 - 22:36 WIB
8 Planet dalam Film Star Wars yang Ada di Kehidupan Nyata
Film Star Wars menyajikan sejumlah fantasi alam semesta dan planet-planet dalam sejumlah adegan yang menarik. Foto/exoplanet.nasa
WASHINGTON - Film Star Wars menyajikan sejumlah fantasi alam semesta dan planet-planet dalam sejumlah adegan yang menarik. Dalam kehidupan nyata alam semesta lebih dari 5.000 exoplanet yang dikonfirmasi secara ilmiah.

Beberapa exoplanet ini menawarkan kemiripan yang menggiurkan seperti dalam scene yang ditampilkan dalam film Star Wars. Dikutip dari laman exoplanets.nasa.gov, berikut 8 planet dalam film Star Wars yang mirip dalam kehidupan nyata.

1. Coruscant

8 Planet dalam Film Star Wars yang Ada di Kehidupan Nyata

Coruscant adalah sebuah exoplanet atau planet ekstrasurya memiliki beberapa sifat mirip Bumi. Dalam film Star Wars Coruscant merupakan dunia berteknologi tinggi yang permukaannya terbungkus dalam satu kota yang membentang di dunia.

Planet yang diberi kode Kepler-452b, milik sistem bintang 1,5 miliar tahun lebih tua dari Bumi. Penghuni Coruscant tidak hanya memiliki permukaan planet yang sepenuhnya direkayasa, tetapi juga iklim yang direkayasa.

2. Bespin

8 Planet dalam Film Star Wars yang Ada di Kehidupan Nyata

Bespin merupakan planet raksasa yang terbentuk dari dan merupakan rumah bagi "Kota Awan" yang secara aktif terlibat dalam penambangan di atmosfer. Menambang atmosfer planet gas raksasa adalah pokok fiksi ilmiah.

NASA juga telah memeriksa pertanyaan tersebut, dan menemukan bahwa gas seperti helium-3 dan hidrogen dapat diekstraksi dari atmosfer Uranus dan Neptunus. Lapisan atmosfer Bespin mencakup pita udara yang dapat bernapas, ideal untuk kota terapung.

3. Mustafar

8 Planet dalam Film Star Wars yang Ada di Kehidupan Nyata

Planet Mustafar, tempat duel epik antara Obi-Wan Kenobi dan Anakin Skywalker dalam "Revenge of the Sith", memiliki kesamaan dengan beberapa planet ekstrasurya. Dunia cair dan tertutup lahar ini, mirip seperti Kepler-10b dan Kepler-78b, planet berbatu dengan ukuran mirip Bumi yang permukaannya bisa menjadi neraka abadi.

Kepler-78b, kira-kira 20% lebih besar dari Bumi, memiliki berat dua kali massa Bumi, dan kepadatan yang sebanding terdiri dari batu dan besi. Itu mungkin membuatnya, seperti Mustafar, cocok untuk pertambangan, meskipun orbitnya yang sangat ketat di sekitar bintangnya yang mirip Matahari, bersama dengan suhu yang sangat panas, menyediakan arena yang tidak mungkin untuk operasi industri.