Polres Bogor Dibekali Teknologi Futuristik Senilai Rp1,1 Miliar, Ini Kegunaan Traffic Accident Analysis

Senin, 07 Agustus 2023 - 12:24 WIB
loading...
Polres Bogor Dibekali Teknologi Futuristik Senilai Rp1,1 Miliar, Ini Kegunaan Traffic Accident Analysis
Polres Bogor melengkapi mobil olah tkp andalan mereka dengan teknologi terbaru buatan Leica. Foto/Screen Capture Instagram
A A A
BOGOR - Polres Bogor dibekali teknologi baru yang futuristik senilai USD73.000 atau mencapai Rp1,1 miliar. Teknologi ini disebut Traffic Accident Analysis (TAA) yang dioperasikan dari mobil olah tempat kejadian perkara (TKP).

Teknologi TAA merupakan buatan perusahaan teknologi Jerman, Leica, berupa pemindai laser tiga dimensi. Alat itu sendiri terdiri dari monopod dan sebuah alat khusus buatan Leica yang bisa melakukan pemindaian tiga dimensi di lokasi kejadian atau perkara.

Dari video yang diunggah akun Instagram @tmcpolresbogor terlihat bahwa alat tersebut dibawa dengan perlengkapan khusus. Alat itu baru digunakan jika terjadi kecelakaan lalu lintas yang memang perlu analisa mendalam.



“Menggunakan teknologi Scanner Laser 3D Leica, petugas oleh TKP dapat menganalisis sebelum, sesaat hingga setelah kecelakaan terjadi dalam bentuk animasi 3D dengan melihat bekas tabrakan dan pengereman, serta posisi kendaraan yang terlibat kecelakaan di tempat kejadian," tulis akun Instagram @tmcpolresbogor, Senin (7/8/2023).

Berdasarkan penelusuran MNC Portal Indonesia di situs resmi Leica, alat khusus itu adalah Leica RTC360. Alat itu memang berfungsi untuk menganalisa sebuah peristiwa atau perkara yang terjadi di jalan seperti kecelakaan, tabrakan, dan sebagainya.
Polres Bogor Dibekali Teknologi Futuristik Senilai Rp1,1 Miliar, Ini Kegunaan Traffic Accident Analysis


Leica RTC360 nantinya akan memindai lokasi perkara dengan teknologi laser tiga dimensi. Setelah menggunakan data faktual yang ada di TKP, nantinya alat itu akan menghasilkan data tiga dimensi mengenai peristiwa atau perkara yang tengah diperiksa.

"Leica RTC360 menawarkan data tiga dimensi yang tepat waktu dan dapat ditindaklanjuti dalam sekejap. RTC360 menghasilkan laporan tiga dimensi yang mudah dibagikan yang akan berdampak positif pada proses investigasi," tulis Leica di situs resmi mereka.



Leica RTC360 saat ini dijual dengan harga yang cukup fantastis yakni USD73.000 atau mencapai Rp1,1 miliar. Bahkan lebih mahal dibanding mobil olah TKP yang digunakan untuk membawa alat tersebut yakni Toyota Hiace yang harganya cuma Rp554,8 juta.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2559 seconds (0.1#10.140)