Mars Berputar Lebih Cepat, Ini yang Akan Terjadi pada Alam Semesta

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 13:25 WIB
Mars Berputar Lebih Cepat, Ini yang Akan Terjadi pada Alam Semesta
Mars terdetejsi berputar lebih cepat dari biasanya . FOTO/ IFL SCIENCE
LONDON - Para ilmuwan saat ini tengah dihadapkan dengan fakta bahwa planet Mars berputar lebih cepat. Putaran planet merah tersebut semakin cepat setiap tahunnya hingga menimbulkan kebingungan di antara para ilmuwan.

Dihimpun dari Live Science, Jumat (11/8/2023), putaran planet Mars sudah mencapai 4 miliarcseconds, seperseribu arcsecond, satuan sudut per tahun. Mengakibatkan satu hari di Mars semakin pendek sepersekian milidetik setiap tahunnya.

Fakta menarik ini berhasil diungkap menggunakan data dari misi InSight NASA yang selama empat tahun melakukan pemantauan, sebelum akhirnya kehabisan daya pada Desember 2022 lalu. Temuan lantas membuat ilmuwan bingung.

Para ilmuwan tidak 100% yakin apa yang menyebabkan percepatan, tetapi mereka memiliki beberapa ide. Salah satunya adalah akumulasi es di kutub planet menyebabkan sedikit perubahan dalam distribusi massanya.

Mereka juga berhipotesis, itu bisa jadi karena fenomena yang disebut post-glacial rebound, di mana daratan muncul setelah ribuan tahun terkubur di bawah es. Pergeseran bertahap mungkin cukup untuk mengubah rotasi Mars dalam rentang waktu yang sangat lama.

Selain melacak putaran planet, data InSight memberikan pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke inti Mars. Setelah menganalisisnya, para ilmuwan menemukan bahwa inti Mars memiliki radius sekitar 1.850 kilometer, lbih kecil dari inti Bumi 3.485 kilometer, tetapi lebih besar proporsinya terhadap planet.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa inti ini tidak seragam. Sebaliknya, ia memiliki daerah dengan kerapatan lebih tinggi atau lebih rendah, menyebabkan material cairnya "bubur" saat Mars berputar.

Ini, menunjukkan, bisa menjadi alasan lain yang mungkin untuk percepatan putaran Mars. Tapi bagaimanapun, teka teki kenapa Mars bisa berutar lebih cepat masih menjadi misteri yang belum sepenuhnya terpecahkan.

"Kami telah menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mempersiapkan percobaan dan mengantisipasi penemuan-penemuan ini. Namun meskipun demikian, kami masih terkejut sepanjang jalan," kata Sebastien Le Maistre, dalah satu ilmuwan.