Inilah Spesifikasi Jet Tempur Boeing EA-18G Growler, Pesawat Militer Paling Berbahaya

Senin, 14 Agustus 2023 - 06:43 WIB
loading...
Inilah Spesifikasi Jet Tempur Boeing EA-18G Growler, Pesawat Militer Paling Berbahaya
Spesifikasi jet tempur canggih Boeing EA-18G Growler menarik untuk dipahami. Pesawat ini digunakan militer AS dan Australia. Foto: The Drive
A A A
AMERIKA - Boeing EA-18G Growler adalah salah satu jet tempur tercanggih dan paling berbahaya di dunia. Pesawat militer itu dibekali radar serta berbagai senjata dahsyat.

Boeing EA-18G Growler merupakan pesawat tempur elektronik yang dikembangkan Boeing untuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Menggunakan platform dari pesawat tempur tempur F/A-18F Super Hornet, EA-18G Growler dirancang khusus untuk perang elektronik.

Berikut adalah spesifikasi dan keunggulan utama dari pesawat tempur Boeing EA-18G Growler:

1. Perang Elektronik (Electronic Warfare)
Inilah Spesifikasi Jet Tempur Boeing EA-18G Growler, Pesawat Militer Paling Berbahaya

Sebagai pesawat perang elektronik utama Angkatan Laut AS, Growler dilengkapi peralatan dan sistem khusus yang memungkinkan mendeteksi, mengidentifikasi, dan mengganggu sinyal komunikasi dan radar musuh.

Kemampuan ini membuatnya sangat efektif dalam mengacaukan sistem pertahanan udara dan komunikasi lawan. Growler diklaim dapat memberikan data intelijen, pengawasan, dan pengintaian.

2. Supresi Radar dan Pertahanan Udara

EA-18G mampu meredam dan mengacaukan radar musuh, termasuk radar pertahanan udara dan sistem radar permukaan. Ini memungkinkan pesawat membantu pesawat tempur lain memasuki ruang udara yang lebih aman dengan mengurangi kemampuan musuh untuk mendeteksi mereka.

Sistem radar APG-79 Active Electronically Scaned Array (AESA) membuat Growler EA-18G memiliki kemampuan untuk menargetkan dan melacak musuh.
Pilotnya menggunakna Joint Helmet-Mounted Cueing System, diklaim mampu menargetkan musuh secara sistem dan sensor.

3. Pelindung Formasi

Growler dapat bertindak sebagai pengawal elektronik untuk formasi pesawat tempur lainnya, melindungi mereka dari ancaman radar dan elektronik lawan.

4. Fleksibilitas

Meski EA-18G adalah pesawat tempur elektronik, tapi juga dapat melakukan serangan udara dengan senjata konvensional dan presisi. Ini memberikan fleksibilitas dalam misi dan meningkatkan nilai taktis pesawat. Growler EA-18G juga dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara jarak menengah AIM-120 AMRAAM dan rudal antiradiasi kecepatan tinggi AGM-88 HARM.

5. Kemampuan Lepas Landas dan Mendarat di Kapal Induk
Inilah Spesifikasi Jet Tempur Boeing EA-18G Growler, Pesawat Militer Paling Berbahaya

EA-18G bisa lepas landas dan mendarat di kapal induk, yang membuatnya cocok untuk operasi di atas lautan dan mendukung kebutuhan Angkatan Laut AS di lingkungan maritim.

Growler EA-18G memiliki panjang 18,3 meter, lebar 4,9 meter, dan rentang sayap 13,7 meter. Bobot maksimal jet tempur tersebut mencapai 21,7 ton. Sumber tenaganya berasal dari dua mesin turbofan afterburning F414-GE-400 yang dipasok oleh General Electric. Jet tersebut mampu terbang di ketinggian maksimal 44 ribu kaki. Pesawat itu membutuhkan jarak sejauh 823 meter untuk lepas landas dan 640 meter untuk mendarat.

6. Kolaborasi dengan Platform Lain

Growler dapat bekerja sama dengan pesawat lain, seperti pesawat tempur lainnya atau drone, untuk memaksimalkan efektivitas dalam perang elektronik dan misi pertempuran lainnya.


7. Pengembangan Berkelanjutan
Inilah Spesifikasi Jet Tempur Boeing EA-18G Growler, Pesawat Militer Paling Berbahaya

Boeing terus melakukan pengembangan pada EA-18G, termasuk peningkatan sistem elektronik, kemampuan, dan teknologi, yang menjadikan pesawat ini relevan dalam lingkungan pertempuran yang terus berkembang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)