Spesies Laut Baru Muncul di Antartika, Badan Berbulu Bernama Stroberi

Selasa, 15 Agustus 2023 - 07:24 WIB
loading...
Spesies Laut Baru Muncul di Antartika, Badan Berbulu Bernama Stroberi
Spesies mahkluk laut unik di Antartika. (Foto: Greg W. Rouse)
A A A
JAKARTA - Spesies mahkluk laut unik di area Antartika mulai muncul di hadapan para peneliti. Meski penampakannya cukup besar dan berbulu, para ilmuwan mengidentifikasinya sebagai stroberi.

Penampakan stroberi yang lunak, besar, dan berbulu dilengkapi 20 tentakel mirip lengan. Jika disatukan panjangnya mencapai 8 inchi.

Profesor biota laut University of California, San Diego Greg Rouse menerangkan kepada Insider bahwa meski di awal mirip alien, makhluk stroberi punya benjolan-benjolan kecil di seluruh lengannya.

Saking barunya, temuan Rouse bersama peneliti lainnya, Emily McLaughlin dan Nerid Wilson langsung diternitlan di terbitan Invertebrate Systimatics bulan lalu.



"Setelah menyibak selaput tipis di antara tentakelnya terlihat sebentuk daging mirip stroberi. Di bagian bawahnya terdapat kuku-kuku yamg mencengkeram saat berjalan di dasar laut," kata Rouse.

Promachocrinus fragarius, ternyata itulah nama Latin si stroberi. Fragarius dari bahasa Latin fragum juga berarti stroberi. Makhluk unik ini termasuk ke dalam kelas Crinoidea, alias bersaudara dengan bintang laut, bulu babi, dollar pasir serta timun laut.

Nama lain yang disematkan oleh Rouse, yaitu Bintang Bulu Antartika. Ia juga menyatakan hanya ada satu jenis spesies serupa si stroberi yang bernama Promachocrinus kerguelensis. Letak perbedaannya hanya di jumlah lengan.



Ilmuwan dari AS dan Australia juga mengklaim menemukan spesies sejenis. Rouse memastikan spesies sejenis hanya bisa ditemukan di kedalaman 215 kaki hingga 3.840 kaki di bawah laut.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)