4 Keunggulan T-34, Tank Andalan Rusia saat Perang Dunia II

Selasa, 15 Agustus 2023 - 16:18 WIB
loading...
4 Keunggulan T-34, Tank Andalan Rusia saat Perang Dunia II
T-34 menjadi armada andalan Rusia yang saat Perang Dunia II. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Tank T-34 sempat menjadi armada andalan Rusia yang saat Perang Dunia II masih menyandang nama Uni Soviet. Kendaraan lapis baja ini bahkan sempat menjadi momok menakutkan bagi para Tentara Nazi.

Dilansir dari laman Warfare History Network, T-34 menjadi salah satu tank baru kala itu yang dikembangkan setelah pasukan Soviet mempelajari tank menengah Panzer III dan IV.

Bahkan, T-34 Rusia ini disebut-sebut memiliki perlengkapan dan karakteristik tempur yang membuat iri tanker Jerman. Berikut ini sejumlah keunggulan T-34 di kala Perang Dunia II.

Keunggulan T-34 Andalan Rusia di Perang Dunia II

1. Memiliki Lapisan Baja yang Bagus

Kendaraan tempur seberat 26 ton ini dilengkapi dengan lapis baja yang lebih tebal dari tank pada umumnya. Tidak hanya itu, desain miring pada body T-34 ini juga akan membantu menepis tembakan musuh yang mendasarnya.


2. Punya Persenjataan Mumpuni


Tank yang telah diproduksi pada tahun 1940 ini dilengkapi dengan kanon 76,2mm untuk varian awal dan kanon kaliber 85mm pada varian selanjutnya. Pelontar peluru tank ini digadang-gadang sebagai yang terkuat pada zamannya.

3. Biaya Produksi yang Murah


Keunggulan T-34 juga terletak pada biaya murah ketika proses pengerjaannya. Tidak hanya murah, proses produksi juga dapat dilakukan dengan cepat saat itu. Sehingga tercatat ada lebih dari 80.000 unit T-34 dalam berbagai varian yang dibuat Uni Soviet.

4. Punya Mesin Diesel Bertenaga


Mesin diesel V-12 yang tertanam dalam T-34 juga membuat tank ini lebih bertenaga. Tak heran bila kendaraan tempur andalan Soviet ini mampu bergerak melintasi salju dan lumpur relatif mudah.

Dari beberapa keunggulan inilah membuat Jerman pada tahun 1941 terkejut dengan kekuatan dan keefektifan T-34. Jerman mulai menyadari bahwa perlu persiapan yang matang untuk menghadapi Uni Soviet.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)