Mengenal Object 279, Tank Berbobot 60 Ton yang Gagal Diproduksi Massal

Selasa, 15 Agustus 2023 - 07:50 WIB
loading...
Mengenal Object 279, Tank Berbobot 60 Ton yang Gagal Diproduksi Massal
Tank Object 279 memiliki badan bongsor berbobot sekitar 60 ton. (Foto: Chris Littlechild)
A A A
JAKARTA - Tank memainkan peran vital dalam memenangkan pertempuran darat. Tilik saja kontribusi tank Sherman dalam Perang Dunia II yang begitu perkasa. Begitu pula dengan tank Cromwell yang lincah dan bisa diterjunkan di berbagai medan serta tank Wehrmacht yang tangguh.

Uni Soviet pun akhirnya bereksperimen membuat tank yang perkasa. Tantangan utama tank pada masa itu adalah kehadiran senjata berat yang jumlahnya semakin banyak dan mobile.

Pada tahun 1957, Pabrik Kirov Leningrad Uni Soviet mulai menciptakan konsep tank yang diberi nama Object 279. Tank dengan berat sekitar 60 ton ini memiliki badan bongsor.

Dengan pelapis baja setebal 11 inci, konsep Object 279 tampaknya terfokus pada satu hal, yaitu serangan frontal. Tank juga dilengkapi penginderaan malam, penargetan inframerah, senjata M-65 130 mm dan desain pertahanan unik yang memungkinkan tahan terhadap ledakan melalui ketebalan lapis baja dan bentuk khususnya.



Selain itu, pengaturan tapak rodanya yang modern memungkinkannya mengatasi masalah medan yang sulit. Tanah berlumpur dapat dengan mudah membuat tank menjadi tidak berguna, tetapi Object 279 tidak rentan terhadap hal ini.

Secara teoritis, setidaknya, Object 279 berpotensi menjadi salah satu tank paling unik dan tangguh (ofensif dan defensif) yang pernah dibuat. Satu-satunya masalah adalah tank-tank semacam ini layu sebelum berkembang, berakhir saat sedang dikembangkan.

Apa yang terjadi dengan Object 279?

Pada akhirnya, Object 279 tidak mencapai tahap produksi penuh, hanya dikembangkan sebagai prototipe. Desainnya yang aneh membuat ongkos perawatannya mahal dan rangkaian persenjataannya akan menjadi usang oleh kemajuan teknologi rudal.
Uni Soviet akhirnya memutuskan mengembangkan tank yang lebih ringan seperti milik Sekutu dalam Perang Dunia II . Seperti yang dikatakan Stephen Sewell di majalah Armor pada 2002.



"Pada tahun 1965, tank-tank berat diakui telah dikalahkan oleh berbagai peristiwa. Dalam dua tahun, tank-tank berat sebagian besar telah tertinggal, lapis baja mereka tidak mampu menahan perkembangan teknologi senjata dan perkembangan yang sama,” ujarnya dikutip Slash Gear, Selasa (15/8/2023).

Kendati demikian, Object 279 belum sepenuhnya dilupakan. Pada tahun 2022, International Business Times melaporkan bahwa prototipe model yang tersisa telah menjalani restorasi di Museum Tank Kubinka. Sungguh luar biasa, meskipun tank pembangkit tenaga listrik Uni Soviet ini masih dipertanyakan efektivitasnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)