6 Hewan Berkaki 8 yang Sering Dijumpai di Sekitar Kita

Senin, 21 Agustus 2023 - 15:06 WIB
loading...
6 Hewan Berkaki 8 yang Sering Dijumpai di Sekitar Kita
Salah satu hewan berkaki 8 adalah Kalajengking yang termasuk jenis arachnida. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Hewan berkaki 8 pastinya sudah bukan hal asing lagi. Beberapa jenis dari hewan ini hidup di sekitar manusia. Ada yang beracun, ada pula yang dijadikan bahan makanan.

Salah satu jenis hewan berkaki delapan yang cukup populer datang dari golongan arachnida. Golongan ini memiliki karakteristik khas selain jumlah kakinya. Misalnya seperti tubuhnya yang tersegmentasi, sebagian besar adalah predator, dan tidak memiliki sayap atau antena.

Selain arachnida, terdapat pula jenis arthropoda lain. Sedikitnya ada tujuh hewan berkaki 8 yang dekat dengan kehidupan manusia. Berikut ulasannya.

Deretan Hewan Berkaki 8


1. Kalajengking

6 Hewan Berkaki 8 yang Sering Dijumpai di Sekitar Kita

Kalajengking adalah hewan yang termasuk jenis arachnida. Mereka memiliki delapan kaki dan tubuh terbagi menjadi dua bagian utama, yakni cephalothorax yang merupakan bagian kepala dan dada, serta abdomen adalah bagian ekor.



2. Kutu

6 Hewan Berkaki 8 yang Sering Dijumpai di Sekitar Kita

Dilansir dari Animals Quarters, kutu juga termasuk hewan berkaki delapan. Hal yang membedakan kutu dari arakhnida alain adalah hewan kecil ini punya enam kaki ketika berada dalam tahap larva. Dua kaki berikutnya baru tumbuh ketika sudah menginjak tahap dewasa.

3. Laba-laba

6 Hewan Berkaki 8 yang Sering Dijumpai di Sekitar Kita

Laba-laba adalah contoh paling umum dari hewan berkaki delapan. Dari delapan kaki yang dimiliki hewan ini, ada dua kaki yang lebih pendek disebut pedipalp. Namun, dua kaki ini justru tak berfungsi layaknya kaki, dan justru lebih menyerupai fungsi tangan.

4. Lobster


Crustacea yang satu ini lebih sering disebut decapoda ketimbang arthropoda. Ini karena memiliki capit yang dianggap sebagai kaki. Meski begitu, hewan ini tetaplah hanya punya delapan kaki yang digunakan untuk berjalan.

5. Tungau


Hewan yang punya banyak kesamaan dengan kutu ini termasuk dalam golongan arachnida. Tungau adalah salah satu anggota terkecil dari keluarga arachnida punya tubuh tidak tersegmentasi.

6. Gurita

6 Hewan Berkaki 8 yang Sering Dijumpai di Sekitar Kita

Tentakel yang ada di bagian tubuh gurita ini kerap juga disebut kaki atau lengan. Karena memang anggota tubuh itu melakukan tugasnya seperti halnya kaki dan tangan. Dari banyaknya hewan bertentakel, hanya gurita yang punya delapan.

Sementara untuk cumi-cumi yang paling mendekati, memiliki total sepuluh tentakel, yang di antaranya 8 tentakel pendek dan 2 tentakel panjang.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2446 seconds (0.1#10.140)