9 Hewan yang Lahir Tanpa Mata, Ada Mamalia dengan Sistem Sensorik Paling Sensitif

Selasa, 11 April 2023 - 17:17 WIB
Terdapat sembilan hewan tanpa mata atau buta sedari lahir. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sembilan hewan tanpa mata atau buta sedari lahir. Meskipun tidak memiliki indra penglihatan, mereka tetap dapat bertahan hidup dengan memanfaatkan indra lainnya.

Perkembangan evolusioner hewan tanpa mata ini membuat mereka memiliki indra atau organ lain yang lebih kuat. Indra tersebutlah yang nantinya dapat menggantikan fungsi mata untuk bertahan hidup dalam berbagai kondisi.

Daftar Hewan yang Lahir Tanpa Mata

Berikut ini sembilan hewan yang lahir tanpa mata. Kebanyakan mereka hidup di tengah kegelapan sehingga fungsi mata tidak terlalu diperlukan.

1. Texas Salamander

Kadal Texas ini memiliki warna putih semu merah muda dan terdapat dua bercak hitam di kepalanya yang terlihat seperti mata. Meski tidak memiliki mata, kadal ini dapat bertahan hidup dalam kegelapan total menurut A-Z Animals.

Reptil yang tinggal di dalam air ini mampu mendeteksi musuh yang mendekat dengan merasakan perubahan tekanan air.

2. Hydra Air Tawar

Hewan mikroskopis ini memiliki tentakel seperti yang berada di air asin. Hal yang membedakan antara dua spesies hydra tersebut adalah tidak adanya mata, otak, dan otot di hydra air tawar.

Namun ahli biologi terpesona akan kemampuan regenerasi hydra yang tak pernah menua. Mereka selalu memperbaharui diri tanpa batas dan akan meregenerasi jaringan yang rusak.

3. Widemouth Blindcat

Spesies ikan lele ini berhabitat di Amerika Utara, ciri hewan ini adalah warnanya yang putih, dengan bentuk tubuh persis lele tanpa mata. Ikan ini memiliki hidung yang besar dan mulut yang lebar.

Widemouth blindcat tinggal di kedalaman 567 meter di bawah permukaan air. Sehingga mereka hanya dapat ditemukan di sungai atau danau yang cukup dalam.

4. Laba - Laba Serigala Gua Kuai

Serangga ini adalah satu-satunya spesies laba-laba serigala yang berevolusi hingga tidak memiliki mata. Sehingga hewan ini akan bergantung pada indra perasanya untuk menemukan mangsa dan menghindari musuh.

Laba-laba serigala gua Kauai membutuhkan lingkungan dengan kelembaban tinggi untuk menghindari kematian akibat kehilangan kelembaban. Karenanya mereka hanya ditemukan di gua Kepulauan Hawai.

5. Ikan Tetra Meksiko

Sebagai spesies ikan yang lahir di tempat tanpa cahaya, sejak kecil mereka sudah terbiasa hidup hanya dengan mengandalkan indra perasa. Tempat dimana mata mereka berada justru menjadi timbunan lemak seiring jalannya waktu.

Namun ikan ini justru berhasil menjadi predator puncak di lingkungan mereka sebab keahliannya yang dapat bergerak lincah dalam gelap.

6. Olm

Kadal yang habitatnya tersebar di wilayah Eropa ini punya bentuk tubuh memanjang layaknya ular dengan empat kaki kecil. Olm menggunakan beberapa metode navigasi untuk memahami dunia tanpa penglihatan mereka.

7. Lobster Laut Dalam

Selain buta, lobster ini juga albino, kurangnya pigmentasi memang umum terjadi pada makhluk laut dalam yang tidak banyak membutuhkan banyak sinar matahari. Indra perasa juga jadi modal utama mereka untuk bertahan hidup.

8. Tikus Mol Telanjang

Empat indra dari hewan pengerat ini menjadi modal utama mereka untuk melihat baik di situasi terang maupun gelap. Binatang yang punya penampilan mengerikan ini tersebar di kawasan Afrika Timur.

9. Tikus Tanah Hidung Bintang

Pengganti indra penglihatan pada tikus tanah ini terletak pada ujung moncongnya. Terdapat 11 pasang tentakel kecil seperti bintang yang berguna untuk merasakan dan mendeteksi sesuatu.

Hidung yang unik tersebut juga memungkinkan tikus tanah itu mampu mencium bau di dalam air. Hewan ini bahkan diklaim sebagai mamalia yang punya sistem sensorik paling sensitif di bumi.
(bim)