6 Keunggulan Tomahawk, Rudal yang dibeli Tetangga Indonesia

Selasa, 22 Agustus 2023 - 11:20 WIB
loading...
6 Keunggulan Tomahawk, Rudal yang dibeli Tetangga Indonesia
Rudal Tomahawk merupakan rudal yang mampu menempuh jarak sejauh 1.250 km hingga 2.500 km. Foto: ist
A A A
AUSTRALIA - Baru baru ini Australia dikabarkan akan membeli rudal Tomahawk Amerika Serikat (AS). Rudal tersebut merupakan sebuah rudal jelajah yang mampu menjangkau target jarak jauh.

Pembelian ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan serangan jarak jauh Australia di tengah ketegangan dengan China. Canberra diketahui bakal siap menggelontorkan uang senilai USD833 juta demi meningkatkan kemampuan serangan jarak jauhnya.

Rudal Tomahawk sendiri dikenal sebagai rudal yang paling canggih dan memiliki banyak keunggulan. Negara mana saja yang menggunakan rudal ini bakal memiliki serangan jarak jauh yang tergolong mumpuni.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki rudal Tomahawk AS:

1. Memiliki Jangkauan yang Sangat Jauh
6 Keunggulan Tomahawk, Rudal yang dibeli Tetangga Indonesia

Rudal Tomahawk merupakan rudal yang mampu menempuh jarak sejauh 1.250 km hingga 2.500 km, tergantung pada varian dan konfigurasinya. Sehingga rudal ini memungkinkan untuk menyerang target yang sulit dijangkau oleh pesawat atau rudal lainnya.

Dilansir dari laman dsca, Rudal Tomahawk yang dibeli oleh Australia adalah versi Blok V, yang merupakan versi terbaru dan paling canggih dari rudal Tomahawk.

Versi ini memiliki kemampuan yang meningkat, mengintegrasikan sistem pencari baru sehingga mampu mencapai target lebih dari 1.000 mil (sekitar 1.600 km).

2. Dapat Terbang Rendah

Rudal Tomahawk didesain untuk melesat di ketinggian yang (ekstrim) rendah dengan kecepatan subsonik tinggi. Rudal ini dapat terbang sekitar 50 meter diatas permukaan laut. Hal ini membuat rudal Tomahawk sangat sulit dideteksi dan diintersep oleh radar atau sistem pertahanan udara musuh.

3. Akurasi Tinggi

Rudal Tomahawk dilengkapi sistem navigasi GPS, TERCOM (Terrain Contour Matching), dan DSMAC (Digital Scene Matching Area Correlation). Sistem-sistem ini memungkinkan rudal ini untuk mengikuti kontur medan dan mencocokkan citra satelit dengan citra yang diperoleh oleh kamera rudal. Akurasi rudal ini diperkirakan sekitar 5-10 meter.

4. Hulu Ledak Fleksibel

Rudal Tomahawk dapat membawa berbagai jenis hulu ledak, baik nuklir maupun konvensional. Hulu ledak konvensional dapat berupa bom berdaya ledak tinggi, bom penyebar sub amunisi, atau bom efek gabungan. Hulu ledak nuklir dapat memiliki daya ledak hingga 200 kiloton.

5. Platform Peluncuran Beragam

Rudal Tomahawk dapat diluncurkan dari berbagai platform, baik darat, udara, laut, maupun bawah laut. Rudal ini dapat diluncurkan dari kapal permukaan, kapal selam, kendaraan luncur darat, atau pesawat pengebom.
Dengan kemudahan tersebut tentu akan memberikan fleksibilitas dan kemampuan taktis yang tinggi bagi pengguna rudal ini.


6. Pembaruan Teknologi

Rudal Tomahawk terus mengalami pembaruan teknologi sejak pertama kali diproduksi pada tahun 1970-an. Varian terbaru rudal ini adalah Block V, yang memiliki kemampuan manuver lebih baik, komunikasi dua arah, dan kemampuan mengubah target selama penerbangan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3492 seconds (0.1#10.140)