6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 08:08 WIB
loading...
6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala
Hewan aneh dan unik di 2023 memiliki tampilan nyeleneh dan bahkan ajaib. Foto: Science Focus
A A A
JAKARTA - Ilmuwan terus menemukan berbagai spesies hewan baru . Banyak juga yang aneh dan bikin geleng kepala. Nah, berikut adalah beberapa spesies hewan yang membuat Anda geleng-geleng kepala. Bukan saja karena tampilan fisiknya, tapi juga caranya memangsa ataupun berkembang biak. Ini detailnya:

1. Siphonophore
6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala

Hewan Siphonophore sama uniknya dengan namanya. Siphonophore adalah hewan terpanjang di dunia, ditemukan di perairan Australia. Hewan ini bahkan lebih panjang dari paus biru. Dengan tinggi 45 meter, paus biru memiliki panjang maksimum 29,9 meter. Nah, Siphonophore tersusun dalam sebuah spiral makan, ditemukan pada 2020 sebagai bagian dari ekspedisi laut dalam Schmidt Ocean Institute. Sebagai kerabat dari man o’ war asal Portugis, Siphonophore memiliki tentakel yang mematikan dan menyengat di dalam air.

2. Rusa Munjac
6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala

Rusa muntjac menggunakan aroma untuk berkomunikasi, dan dapat berkembang biak sepanjang tahun. Rusa ini sering disebut sebagai “rusa menggonggong” karena suarannya seperti anjing. Rusa muntjac merupakan mamalia kecil kekar. Berasal dari wilayah Asia Tenggara, tetapi sekarang umum di pedesaan Inggris. Rusa ini telah beradaptasi dengan baik di berbagai habitat dan sering ditemukan di kawasan hutan.

Tubuhnya yang kecil dan kekar, serta kemampuan meloncat membuat mereka mudah bergerak di vegetasi hutan lebat. Keunikan rusa muntjac lainnya adalah kelenjar yang terlihat menonjol.

3. Hoatzin
6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala

Hoatzin sering disebut dengan “burung bau”, tak lain karena bau yang menyengat. Ini disebabkan dari fermentasi makanan yang ada di pencernaan mereka. Dengan kepala warna biru, serta bulu kombinasi cokelat, hitam dan putih, Hoatzin jelas jadi salah satu hewan paling aneh. Berasal dari Amazon, anak-anak burung ini memiliki cakar untuk memanjat pohon.

4. Uakari
6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala

Uakari merupakan primata asal Amerika Selatan dengan tampilan unik. Hewan ini memiliki wajah merah, lebar, dan datar. Lalu, ekornya sangat pendek. Uakari diyakini memiliki warna unik pada wajah karena malaria, penyakit umum di hutan hujan Amazon. Uakari dengan wajah merah cerah dianggap sehat, sedangkan yang berwajah pucat diyakini terjangkit malaria.

5. Hagfish
6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala

Ikan hagfish sepintas mirip belut. Tapi, sebenarnya sangat berbeda. Sebab, ikan ini tidak memiliki tulang punggung dan rahang. Lalu, pertahanan diri Hagfish juga luar biasa, karena bisa menyerang predator dengan lendir di tubuhnya. Hagfish memakai 4 pasang tentakel sensorik tipis di sekitar mulut untuk berburu mangsa. Menariknya, ikan ini buta. Biasanya, berusaha menelusup ke lubang bangkai mahluk yang mati.


6. Tawon Permata
6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala

Tawon permata (Ampulex compressa) atau emerald jewel wasp unik bukan karena tampilannya saja yang berkilau. Tawon permata adalah jenis tawon parasit yang berkembang di dalam hewan lain. Serangga ini termasuk dalam famili Ampulicidae. Tawon permata menggunakan kecoak sebagai inang dan budak. Saat tawon betina dewasa siap bertelur, ia akan hinggap di punggung kecoak dan menusukkan sengatnya. Kecoak tersebut akan lumpuh dan tidak bisa bergerak.

Racun yang disuntikkan oleh tawon akan membuat kecoak mengikuti perintah tawon. Kecoak tersebut akan menjadi tempat larva tumbuh sekaligus menjadi sumber makanan bagilarvatawon.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)