Ilmuwan Jepang Temukan Planet Mirip Bumi Dekat Tata Surya

Minggu, 03 September 2023 - 12:37 WIB
Ilmuwan Jepang Temukan Planet Mirip Bumi Dekat Tata Surya
epang Temukan Planet Mirip Bumi . FOTO/ IFL SCIENCE
TOKYO - Beberapa astronom di Jepang mengklaim bahwa sebuah planet baru yang hampir mirip Bumi mungkin ada di dekat tata surya.

Seperti dilansir dari Daily Mail, tim ilmuwan meyakini planet baru tersebut bersembunyi di Sabuk Kuiper, yang terletak di luar orbit Neptunus.

Planet yang dikenal dengan nama Sabuk Kuiper (KBP) ini konon berjarak sekitar 500 unit astronomi dari matahari, yaitu sekitar 500 kali jarak bumi dan matahari dan lebih dekat dari Planet Kesembilan.

Menurut para ahli, ukuran KBP adalah tiga kali lipat ukuran Bumi.

Namun, para ilmuwan mengatakan, suhu di planet baru tersebut kemungkinan akan terlalu dingin untuk mendukung kehidupan.

Studi tersebut dilakukan oleh peneliti dari Kindai University di Osaka, Patryk Sofia Lykawka dan ahli di National Astronomical Observatory Jepang, Takashi Ito.

“Kami memperkirakan adanya planet mirip bumi lain di dekat tata surya kita,''

“Sangat masuk akal bahwa planet-planet purba mungkin berada di Sabuk Kupier yang jauh karena banyak planet serupa yang pernah ada di tata surya sebelumnya,” mereka menjelaskan dalam sebuah makalah penelitian.

Makalah penelitian ini diterbitkan di The Astronomical Journal.

Tim ilmuwan menambahkan bahwa mereka hanya memperkirakan planet Sabuk Kuiper mungkin ada karena diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan keberadaannya.