Canggih, Lagu dalam Mimpi Kini Bisa Direkam ke Dunia Nyata

Senin, 11 September 2023 - 11:32 WIB
loading...
Canggih, Lagu dalam Mimpi Kini Bisa Direkam ke Dunia Nyata
Alat canggih ciptaan ilmuwan Rusia mampu merekam lagu dalam mimpi (Foto: Site.edu.bu)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan startup REMspace di Rusia menciptakan alat canggih yang mampu merekam lagu dalam mimpi. Dengan alat ini, lagu dalam mimpi bisa dibawa ke alam nyata.

Alat tersebut mengombinasikan perangkat keras dan lunak yang mampu memecahkan kode melodi menjadi rekaman lagu.

Dikutip dari Science Alert, Senin (11/9/2023), para ilmuwan telah bekerja selama beberapa dekade untuk mencoba mendapatkan informasi dari otak selama mimpi. Mereka mengklaim alat yang telah diciptakan ini dapat mendeteksi saat penggunanya sedang bermimpi.

Walaupun saat mimpi manusia tidak mungkin memaikan gitar atau keyboard, orang yang tidur dapat dilatih bergerak saat sedang bermimpi.



Dalam penelitian ini, empat praktisi mimpi dilatih memainkan ritme musik dengan meregangkan otot lengan, yang memiliki sensor elektromiografi (EMG). Kemudian, mereka diminta menginduksi mimpi dan mengulangi tugas tersebut di bawah observasi polisomnografi di laboratorium.

Para relawan dilatih memainkan irama Queen's We Will Rock You menggunakan gerakan tangan saat masih terjaga. Hasilnya, tiga dari empat relawan mampu mengirimkan ritme yang sama selama mimpi sadar. Sinyal dan pola ini kemudian dijalankan melalui program perangkat lunak yang dibuat khusus untuk menafsirkan ritme dan menciptakan kembali irama lagu.

Dalam beberapa kasus, gerakan lengan terlalu lemah untuk dicatat, namun tiga rekaman berhasil dibuat. Meskipun eksperimen ini hanya melibatkan ritme dengan dua nada, para peneliti mengatakan pada akhirnya orang bisa dilatih untuk memainkan lagu yang lebih kompleks. Bahkan bisa memainkan alat musik atau menjadi bagian dari orkestra di dunia mimpi. Namun syaratnya, mimpi jernih diperlukan agar semua ini berhasil.

Meskipun ada kemajuan dalam beberapa tahun terakhir, hal ini masih sulit dilakukan lantaran penelitian menunjukkan hampir separuh populasi tidak pernah mengalami pengalaman bermimpi jernih.



Hingga teknologi ini dikembangkan lebih lanjut, jika pengguna ingin mengingat melodi mimpi , harus mencoba menyenandungkan lagu tersebut ke dalam aplikasi rekaman segera setelah bangun. Namun penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak potensi yang bisa digali.

“Hasilnya menunjukkan bukti konsep untuk mentransfer melodi dari mimpi menjadi kenyataan. Tiga dari empat peserta menyelesaikan tugas eksperimental dan dalam sebagian besar upaya mampu mengirimkan suara ritmis dari mimpi sadar ," kata salah seorang peneliti.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)