Spesifikasi Pesawat Ilyushin Il-76 Rusia yang Hancur Dibantai Ukraina Habis-habisan

Rabu, 13 September 2023 - 10:36 WIB
loading...
Spesifikasi Pesawat Ilyushin Il-76 Rusia yang Hancur Dibantai Ukraina Habis-habisan
Pesawat Ilyushin Il-76 Rusia menjadi salah satu korban serangan drone besar-besaran yang dilakukan Ukraina pada penghujung Agustus 2023. Foto/Military Today
A A A
JAKARTA - Pesawat Ilyushin Il-76 Rusia menjadi salah satu korban serangan drone besar-besaran yang dilakukan Ukraina pada penghujung Agustus 2023. Sejumlah unit pesawat angkut Moskow tersebut menjadi sasaran dalam sebuah serangan yang mengarah ke bandara Pskov.

Kantor berita TASS melaporkan ada sekitar empat pesawat Il-76 yang hancur dalam serangan drone Ukraina di bandara Pskov. Menanggapi serangan ini, operasional bandara tersebut juga telah ditangguhkan sementara waktu.



Lantas, seperti apakah spesifikasi dari pesawat Ilyushin Il-76 Rusia yang dibantai Ukraina? Lebih jauh, simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Pesawat Ilyushin II-76 Rusia


Ilyushin II-76 adalah jenis pesawat angkut militer yang dimiliki Rusia. Melihat riwayatnya, keberadaannya pesawat ini telah eksis sejak era Uni Soviet.

Mengutip laman MilitaryToday, Ilyushin II-76 memiliki nama pelaporan NATO ‘Candid’. Layaknya sebuah pesawat angkut militer, perannya mencakup fungsi seperti membawa pasukan terjun payung hingga pengangkatan kargo berat.



Melihat ke belakang, Ilyushin Il-76 mulai dikembangkan sekitar tahun 1970-an. Kal itu, Uni Soviet tengah membutuhkan sebuah pengangkut kargo militer berat untuk menggantikan Antonov An-12BP.

Produksi dimulai sekitar 1974. Mampu mengangkat muatan hingga 50 ton, Ilyushin Il-76 bisa membawa perbekalan, kargo, hingga kendaraan militer lain melalui jalur udara.

Tak hanya itu, ada juga ruang untuk menampung hingga 140 tentara dan 125 pasukan terjun payung. Hal ini belum termasuk lebih dari seratus penumpang lain yang bisa diisi petugas medis sampai tentara yang terluka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)