Perbandingan Pesawat Kiamat Rusia dan AS, Ilyushin Il-80 Maxdome dan Boeing E-4B Nightwatch

Rabu, 10 Agustus 2022 - 18:35 WIB
loading...
Perbandingan Pesawat Kiamat Rusia dan AS, Ilyushin Il-80 Maxdome dan Boeing E-4B Nightwatch
Rusia dan Amerika Serikat (AS) adalah 2 negara yang memiliki pesawat kiamat, yaitu Ilyushin Il-80 (Maxdome) dan Boeing E-4B (Nightwatch). Foto/af.mil
A A A
MOSKOW - Rusia dan Amerika Serikat (AS) adalah 2 negara yang memiliki pesawat kiamat , yaitu Ilyushin Il-80 (Maxdome) dan Boeing E-4B (Nightwatch). Rusia dan AS menyiapkan pesawat kiamat untuk menjaga keamanan kepala negara dan pejabat militer utama yang mampu mengeluarkan perintah jika terjadi perang nuklir.

Dikutip SINDOnews dari laman Tweaktown dan interestingengineering, Rabu (10/8/2022), AS memiliki Boeing E-4B dengan tanda panggilan (callsign ) Nightwatch yang merupakan modifikasi Boeing 747. Sementara Rusia memiliki pesawat Ilyushin II-80 yang dikenal dengan nama panggilan Maxdome atau kadang-kadang Camber. Pesawat Ilyushin II-80 dibangun dari model Ilyushin II-86 dengan beberapa perbedaan utama.

Ilyushin II-80
Perbandingan Pesawat Kiamat Rusia dan AS, Ilyushin Il-80 Maxdome dan Boeing E-4B Nightwatch


Pesawat Ilyushin II-80 melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1985 dan pengirimannya dilakukan mulai tahun 1987 setelah banyak modifikasi. Dikembangkan menggunakan pesawat II-86 Ilyushin sebagai model, II-80 terlihat sangat berbeda dari pesawat komersial.

Nama panggilan untuk pesawat adalah Maxdome, meskipun beberapa menyebutnya sebagai Camber, istilah yang digunakan oleh navigasi komersial untuk II-86. Maxdome sangat berbeda dari rekan komersialnya karena tidak memiliki jendela kabin di pesawat.

Baca juga; Spesifikasi Pesawat Hari Kiamat Rusia Ilyushin Il-80

Kokpit mempertahankan jendelanya tetapi dengan penyekat yang menghalanginya. Perubahan ini diberlakukan untuk melindungi penghuni dari gelombang elektromagnetik (EMP) atau ledakan nuklir. Pintu dek atas di pesawat telah dikurangi jumlahnya sementara hanya satu tangga udara yang tersisa.

Sebuah kano SATCOM besar berada di atas badan pesawat di bagian depan dengan antena besar di bagian belakangnya. Ekor pesawat juga memiliki winch untuk antena derek, frekuensi sangat rendah (VLF), sementara stabilisator horizontal juga memiliki ruang untuk lebih banyak sensor atau antena komunikasi.

Pesawat ini juga memiliki dua pod generator listrik besar yang ditempatkan di dalam mesinnya, yang memiliki air intake scoops dan jet exhaust di ujungnya. Sebuah probe pengisian bahan bakar ditarik ditempatkan di bawah kokpit.

Boeing E-4B
Perbandingan Pesawat Kiamat Rusia dan AS, Ilyushin Il-80 Maxdome dan Boeing E-4B Nightwatch
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1690 seconds (11.252#12.26)