Viral Penampakan Bola Api di Langit Bandung hingga Yogyakarta

Jum'at, 15 September 2023 - 17:35 WIB
loading...
Viral Penampakan Bola Api di Langit Bandung hingga Yogyakarta
Penampakan meteor yang jatuh di Pulau Jawa. (Foto: Twitter)
A A A
JAKARTA - Masyarakat di Bandung dan Yogyakarta dikejutkan dengan penampakan bola api di langit pada Kamis (14/9/2023) malam.
Belakangan diketahui benda tersebut adalah meteor yang jatuh dengan bentuk seperti bola api, melintas dengan cahaya yang sangat terang.

Pemandangan langka tersebut berhasil direkam warga menggunakan kamera ponsel. Di Bandung, rekaman video memperlihatkan penampakan meteor begitu mengerikan dengan kilatan api yang cukup panjang.

Sementara di Yogyakarta meteor tampak tidak memiliki kilatan yang panjang. Namun pemandangan tetap mengerikan karena terlihat meteor berjarak begitu dekat dengan Bumi.



Peneliti senior Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaludin membenarkan bola api yang melintas di langit Bandung dan Jakarta adalah meteor.

Namun dia menegaskan meteor tersebut tidak berbahaya karena kemungkinan jatuh ke Samudra Hindia.
"Bisa disimpulkan itu meteor terang. Mungkin juga ada saksi di wilayah lain antara Bandung sampai Yogyakarta. Kalau tidak ada laporan jatuh di darat, kemungkinan besar jatuh di Samudera Hindia," kata Thomas kepada wartawan.



Bosscha Observatory mencatat fenomena hujan meteor akan terjadi pada bulan ini. Tanggal 9 dan 28 September akan menjadi momen tepat bagi yang ingin menyaksikan fenomena astronomi menarik.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)