Cahaya Aneh Gempa Maroko Ternyata Fenomena Lama yang Berulang

Senin, 18 September 2023 - 08:48 WIB
loading...
Cahaya Aneh Gempa Maroko Ternyata Fenomena Lama yang Berulang
Cahaya aneh sebelum gempa Maroko berkekuatan M 6,8 pada Jumat 8 September 2023. (Foto: Capture CCTV)
A A A
JAKARTA - Munculnya cahaya aneh sebelum gempa Maroko berkekuatan M 6,8 pada Jumat 8 September 2023, menyisakan banyak pertanyaan. Gempa dahsyat tersebut menelan 2.862 nyawa.

Para ilmuwan mencatat cahaya serupa pernah muncul pada era Yunani kuno berabad-abad silam, sebelum terjadi bencana serta saat gempa tahun 2007 di Pisco, Peru.

Namun, hingga kini belum ada penjelasan lengkap mengenai misteri cahaya ini dan penyebabnya. “Namun ledakan tersebut pasti nyata,” kata John Derr, pensiunan ahli geofisika yang pernah bekerja di Survei Geologi AS. Dia telah ikut menulis beberapa makalah ilmiah tentang lampu gempa atau EQL.

Video kilatan cahaya misterius tertangkap CCTV pada Jumat (8/9) pukul 23.08 waktu setempat, sebelum terjadinya gempa Maroko. Fenomena yang nyaris sama seperti di Peru.



Profesor fisika di Universidad Nacional Mayor de San Marcos di Peru dan Universitas Katolik Kepausan Peru, Juan Antonio Lira Cacho, mengatakan kamera video dan CCTV mempermudah mempelajari fenomena cahaya gempa.

“40 tahun lalu hal itu mustahil. Jika melihatnya, tidak ada yang akan percaya,” katanya dikutip dari CNN.

Bentuk Berbeda

Fenomena cahaya gempa terjadi secara berbeda. John Derr dalam Encyclopedia of Solid Earth Geophysics edisi 2019, menulis terkadang cahayanya mirip dengan petir biasa atau mungkin seperti pita bercahaya di atmosfer yang mirip dengan aurora kutub.

Di lain waktu, menyerupai bola bercahaya yang melayang di udara. Cahaya gempa mungkin juga terlihat seperti nyala api kecil yang berkedip-kedip atau merambat di sepanjang atau dekat tanah, atau nyala api yang lebih besar yang muncul dari dalam tanah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)