11 Hewan dengan Suara Paling Kencang di Dunia

Selasa, 19 September 2023 - 09:21 WIB
loading...
11 Hewan dengan Suara Paling Kencang di Dunia
Hewan-hewan dengan suara paling kencang di dunia benar-benar di luar dugaan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Hewan dengan suara paling kencang di dunia memang terdengar unik. Beberapa hewan memiliki suara kerasa dan berisik. Fungsinya beragam, mulai berkomunikasi, mempertahankan wilayah, menemukan hewan lain, serta mencari pasangan.

Besar suara yang di hasilkan oleh hewan-hewan yang berisik ini bisa mencapai 100 desibel (dB), mengalahkan suara percakapan manusia yang rata-rata 60 desibel.

Jadi, jika Anda berpikir manusia adalah makhluk paling berisik, perlu ditinjau ulang. Paus Sperma, misalnya, memiliki suara hingga 233 desibel. Sebagai gambaran, suara diatas 150 dB sudah bisa dianggap berbahaya, bahkan mengancam nyawa.

Nah, Inilah hewan dengan suara paling kencang di dunia

1. Paus Sperma (233 dB)
11 Hewan dengan Suara Paling Kencang di Dunia

Paus sperma merupakan mamalia pelagis yang tersebar di seluruh dunia, dan bermigrasi secara musiman untuk mencari makan dan berkembang biak.
Dengan kedalaman 2.250 meter, hewan mamalia ini menjadi mamalia penyelam terdalam ketiga. Paus sperma menggunakan ekolokasi dan vokalisasi dengan tingkat sumber kekerasa 233 desibel di bawah air.

2. Udang Mantis (200 dB)
11 Hewan dengan Suara Paling Kencang di Dunia

Siapa sangka Udang Mantis adalah hewan paling berisik. Hewan ini mampu mengeluarkan suaranya hingga 200 desibel saat sedang berburu mangsa. Selain itu, udang mantis juga menggunakan kecepatan yang sama untuk meninju mangsanya.

3. Paus Biru (188 dB)

Paus biru menjadi hewan paling penting di bumi, dengan panjangnya yang mencapai seratus kaki, beratnya mencapai dua ratus ton, serta dapat mengeluarkan suara 188 desibel. Besarnya suara paus ini hingga dimiripkan dengan suara mesin-mesin kapal di lautan.

4. Kelelawar Bulldog (140 dB)

Kelelawar jenis ini memiliki berat 1,7 ons, dan mereka mampu menghasilkan suara dengan frekuensi 140 desibel. Hewan dengan suara paling kencang ini sebagian besar terdapat di Meksiko, Kepulauan karibia, dan Argentina.

5. Monyet Howler (140 dB)

Selain hewan-hewan yang hidup di air, ternyata hewan darat juga ada loh yang menjadi hewan yang punya suara paling kencang. Suara yang dapat dihasilkan moyet howler ini 140 desibel, sehingga bisa terdengar hingga jarak tiga mil. Biasanya mereka mengeluarkan suaranya untuk memanggil anak-anaknya atau memperingatkan anggota kelompoknya dari predator apa pun.

6. Kakapo (132 dB)

Hewan langka ini adalah kakapo atau burung beo yang terbesar di dunia, dan dapat menghasilkan suara 132 desibel. Suara yang dihasilkan yaitu suara “booming”, “chinging”, dan “streaking”. Biasanya kakapo jantan menggunakan suaranya untuk menarik perhatian betina selama musim kawin.

7. Kakatua Maluku (129 dB)
11 Hewan dengan Suara Paling Kencang di Dunia

Dapat menghasilkan suara 129 desibel, hingga dimiripkan dengan suara pesawat jet 747. Suaranya digunakan ketika mereka sedang merasakan adanya bahaya di sekitar, dan untuk melakukan panggilan sebagai ritual pada siang dan malam hari.

8. Katak Amerika Utara (119 dB)

Mereka memanfaatkan suaranya ketika berbicara, ingin melarikan diri, mengancam, dan juga untuk mengundang perempuan. Suara paling kencang yang dihasilkan oleh katak ini saat ia mulutnya terbuka.

9. Gajah Afrika (117 dB)
11 Hewan dengan Suara Paling Kencang di Dunia

Suara gajah afrika dapat terdengar hingga jarak 10 km, dan memiliki berbagai suara, seperti suara saat ia marah itu berbeda, seakan-akan ia sedang mengekspresiakan kemarahannya dan bahaya.

10. Kuda nil (114 dB)

Dengan frekuensi suara 114 disebel kuda nil dapat memprediksi mangsanya pada jarak tertentu, selain itu suaranya pun digunakan untuk berbagai tujuan lainnya.


11. Hyena (112 dB)

Ia memanfaatkan suaranya untuk berburu mangsa, memanggil anaknya, dan juga saat ia diserang. Suara yang dihasilkan bisa mencapai 112 desibel, dan suara hyena ini mirip dengan suara tertawa. Nah, itulah beberapa list hewan yang memiliki suara paling kencangdidunia.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)