Merkurius Capai Titik Tertinggi di Langit, Begini Cara Melihatnya

Jum'at, 22 September 2023 - 14:29 WIB
loading...
Merkurius Capai Titik Tertinggi di Langit, Begini Cara Melihatnya
Merkurius mencapai titik tertinggi di langit pada Jumat, 22 September 2023, sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - Merkurius mencapai titik tertinggi di langit pada Jumat, 22 September 2023, sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. Merkurius yang merupakan planet terkecil di tata surya sulit dilihat karena mengorbit dekat matahari.

Planet Merkurius secara teknis hadir di langit siang hari hampir sepanjang tahun, namun tidak mungkin untuk dilihat. Hanya sesekali terlihat saat senja menjelang matahari terbit atau terbenam di Bumi.

"Pada pekan ini Merkurius berada paling jauh dari matahari jika dilihat dari Bumi sehingga bisa dilihat dengan jelas. Pemanjangan terbesarnya ke arah timur sehingga terlihat di atas ufuk barat tepat setelah matahari terbenam," tulis laman Live Science, Jumat (22/9/2023).



Sedangkan pemanjangan terbesarnya ke barat menandai visibilitasnya di atas ufuk timur tepat sebelum matahari terbit. Planet ini juga akan tampak setengah terang yang dikenal dengan istilah dikotomi, seperti bulan pada fase kuartal pertama atau terakhir.

Perpanjangan terbesar Merkurius ke arah barat akan terjadi pada tanggal 22 September 2023. Meskipun posisi Merkurius akan baik untuk dilihat sebelum matahari terbit sepanjang minggu, dengan ketinggian 17 derajat di atas langit timur.

Menurut In-The-Sky.org, Merkurius akan lebih terang dan lebih mudah dilihat pada hari-hari setelah mencapai titik tertinggi di langit ketika menunjukkan fase bungkuk, tampak lebih dari setengah cahaya. Menurut Space.com, Merkurius akan berada pada titik paling terang dan paling mudah dilihat di langit pagi mulai 16 September hingga 30 September 2023.

Pemandangan terbaik akan terlihat sekitar 30 menit sebelum matahari terbit mulai tanggal 22 September hingga awal minggu depan. Anda memerlukan cakrawala yang jelas dan tidak terhalang.



Teropong pengamatan bintang juga berguna untuk mengenali Merkurius, yang biasanya memiliki semburat kuning. Pemanjangan terbesar Merkurius ke arah timur berikutnya akan terjadi pada 4 Desember 2023, saat terlihat pada malam hari setelah matahari terbenam.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)