Riset Terbaru Sebut Merkurius adalah Planet Terdekat dengan Bumi

Selasa, 18 Juli 2023 - 15:19 WIB
loading...
Riset Terbaru Sebut Merkurius adalah Planet Terdekat dengan Bumi
Riset Terbaru Sebut Merkurius adalah Planet Terdekat dengan Bumi
A A A
JAKARTA - Selama ini Venus dianggap sebagai planet yang paling dekat dengan Bumi. Namun penelitian terbaru mengatakan bahwa Merkurius yang dekat dengan Matahari lah yang paling dekat dengan Bumi yang kita tinggali.



Para peneliti menyebut saat ini Merkurius mengorbit Matahari lebih cepat daripada Venus. Selain itu, jarak terjauh Merkurius dari Bumi saat berada di sisi berlawanan dari Matahari jauh lebih kecil daripada jarak terjauh yang dicapai Venus.

Kebingungan tentang planet mana di Tata Surya yang paling dekat dengan Bumi pun muncul di kepala beberapa para peneliti. Pasalnya teori terbaru menyebut jarak rata-rata Merkurius lebih dekat ke Bumi.

Venus rata-rata berjarak 1,14 unit astronomi (AU) dari Bumi, tetapi Merkurius rata-rata hanya berjarak 1,04 AU dari Bumi. AU sendiri aalah satuan panjang yang sama dengan jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari.

Analisis baru-baru ini menunjukkan bahwa, untuk dua benda dengan orbit sekitar konsentris dan melingkar pada bidang yang sama, jarak rata-rata antara kedua benda berkurang seiring dengan berkurangnya radius orbit bagian dalam.

Ini tampaknya berlawanan dengan intuisi. Artinya, Merkurius bukan hanya planet terdekat, rata-rata dengan Bumi, tetapi juga tetangga terdekat, rata-rata dengan masing-masing dari tujuh planet lainnya di Tata Surya.

Fakta ini jelas mengejutkan para peneliti. Tapi fakta bahwa planet Venus paling dekat dengan Bumi sebenarnya tidak berubah. Venus secara umum masih disebut planet terdekat dengan Bumi, dirangkum dari Live Science, Selasa (18/7/2023).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3872 seconds (0.1#10.140)