Jum'at, 22 September 2023 - 15:09 WIB
Karena statusnya yang langka, bangau Siberia dapat ditemukan di wilayah seperti Yakutia dan dekat Yamal di Siberia Barat. Jenis burung ini turut masuk daftar spesies yang terancam punah kritis.

2. Camar Ross

Foto/Alamy/Legion-Media

Masih dalam jenis burung, kali ini ada Camar Ross. Dulunya burung ini disebut menjadi makanan suku Eskimo.

Camar Ross terkenal dengan keindahan bulunya yang berwarna putih salju. Burung penyuka es ini selalu menghabiskan musim dingin di utara, yakni Samudra Arktik.

Keberadaan Camar Ross bisa ditemukan di lingkungan seperti Arktik Rusia hingga Siberia Timur. Namun, karena populasinya yang semakin menurun, burung ini juga dilarang untuk diburu.

3. Desman Rusia

Hewan endemik Rusia berikutnya adalah Desman. Menurut sejarahnya, hewan ini lebih dulu hadir daripada mamut.

Karakteristik Desman Rusia adalah memiliki penglihatan terbatas seperti tikus tanah, namun mempunyai bentuk ekor dan gaya hidup yang mirip platipus. Selain itu, bulunya juga tetap kering meski berada di bawah air. Hal ini terjadi karena terlindungi oleh minyak yang dihasilkan kelenjarnya.

4. Domba Salju Putorana

Foto/Alamy/Legion-Media

Dataran tinggi Putorana menjadi salah satu area liar yang sangat sulit dijangkau. Meski demikian, status tempat tersebut adalah habitat asli domba salju Putorana.