Mengenal 7 Hewan Endemik Khas Rusia, Bukan Hanya Beruang

Jum'at, 22 September 2023 - 15:09 WIB
loading...
Mengenal 7 Hewan Endemik Khas Rusia, Bukan Hanya Beruang
Ada sejumlah hewan endemik khas Rusia yang sudah mulai langka dan dilindungi. Foto/Alamy/Legion-Media
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah hewan endemik khas Rusia yang menarik untuk diketahui. Salah satunya adalah musang Barguzin.

Rusia menjadi salah satu negara dengan wilayah terbesar di dunia. Kondisi ini juga membuat Rusia memiliki keanekaragaman fauna dan flora yang beragam.

Tak sebatas itu, Rusia memiliki sejumlah hewan langka yang habitat alaminya hanya ditemukan di wilayahnya. Bukan hanya beruang cokelat, namun masih banyak hewan lainnya.

Keberadaan status hewan yang langka telah mendapat perlindungan dari pemerintah. Tidak semua orang beruntung untuk bisa menjumpainya.



Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (22/9/2023), SINDOnews telah merangkum kumpulan hewan endemik khas Rusia.

Hewan Endemik Khas Rusia


1. Bangau Siberia

Mengenal 7 Hewan Endemik Khas Rusia, Bukan Hanya Beruang

Foto/Alamy/Legion-Media

Siberian Crane atau Bangau Siberia menjadi salah satu burung memesona yang bisa dijumpai di Rusia. Pada kesehariannya, burung ini sangat berhati-hati terhadap berbagai ancaman.

Umumnya, mereka lebih suka menghindari manusia. Tak jarang, mereka juga bisa mengingatkan rekannya dari bahaya dengan sebuah jeritan panjang yang khas.



Karena statusnya yang langka, bangau Siberia dapat ditemukan di wilayah seperti Yakutia dan dekat Yamal di Siberia Barat. Jenis burung ini turut masuk daftar spesies yang terancam punah kritis.

2. Camar Ross

Mengenal 7 Hewan Endemik Khas Rusia, Bukan Hanya Beruang

Foto/Alamy/Legion-Media

Masih dalam jenis burung, kali ini ada Camar Ross. Dulunya burung ini disebut menjadi makanan suku Eskimo.

Camar Ross terkenal dengan keindahan bulunya yang berwarna putih salju. Burung penyuka es ini selalu menghabiskan musim dingin di utara, yakni Samudra Arktik.

Keberadaan Camar Ross bisa ditemukan di lingkungan seperti Arktik Rusia hingga Siberia Timur. Namun, karena populasinya yang semakin menurun, burung ini juga dilarang untuk diburu.

3. Desman Rusia


Hewan endemik Rusia berikutnya adalah Desman. Menurut sejarahnya, hewan ini lebih dulu hadir daripada mamut.



Karakteristik Desman Rusia adalah memiliki penglihatan terbatas seperti tikus tanah, namun mempunyai bentuk ekor dan gaya hidup yang mirip platipus. Selain itu, bulunya juga tetap kering meski berada di bawah air. Hal ini terjadi karena terlindungi oleh minyak yang dihasilkan kelenjarnya.

4. Domba Salju Putorana

Mengenal 7 Hewan Endemik Khas Rusia, Bukan Hanya Beruang

Foto/Alamy/Legion-Media

Dataran tinggi Putorana menjadi salah satu area liar yang sangat sulit dijangkau. Meski demikian, status tempat tersebut adalah habitat asli domba salju Putorana.

Meski memiliki bentuk yang terlihat anggun, domba salju Putorana bisa menjadi berbahaya. Mereka memiliki ciri khas tanduk melingkar yang cukup tebal.

5. Lemming Amur


Hewan mamalia ini terlihat seperti marmut atau hamster raksasa. Umumnya, mereka tinggal di Siberia Timur dan Kamchatka.

Tak hanya statusnya yang langka, butuh waktu lama juga untuk menemukan hewan ini dengan menyisir rawa-rawa berlumut. Salah satu hal menarik dari Lemming Amur adalah mereka bisa makan melebihi beratnya sendiri pada setiap harinya.

6. Musang Barguzin

Mengenal 7 Hewan Endemik Khas Rusia, Bukan Hanya Beruang

Foto/Alamy/Legion-Media

Penamaan hewan ini diambil dari Sungai Barguzin. Dengan ciri khas bulunya yang indah berwarna perak, musang Barguzin kerap dijuluki ‘raja bulu liar’.

Habitat asli musang ini adalah daerah pesisir timur Danau Baikal. Turis yang beruntung bisa menemukan mereka sesekali.

7. Anjing Laut Baikal


Anjing laut ini menjadi satu-satunya yang menghuni Danau Baikal. Mereka bahkan telah menjadi ikon tak resmi dari danau tersebut.

Keberadaan anjing laut Baikal telah banyak disebut juga dalam kisah dan legenda kuno Rusia. Maka dari itu, populasi mereka sangatlah dijaga dan mendapat perhatian lebih.

Itulah deretan hewan endemik Rusia yang menarik untuk diketahui.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)