Senin, 25 September 2023 - 18:16 WIB
Tempuh Perjalanan 6,2 Miliar Km, OSIRIS-REx Bawa Sampel Asteroid Bennu ke Bumi
Pesawat luar angkasa OSIRIS-REx milik NASA berhasil membawa sampel asteroid Bennu ke Bumi setelah menempuh perjalanan sejauh 6,2 miliar Km. Foto/NASA
UTAH - Pesawat luar angkasa OSIRIS-REx milik NASA berhasil membawa sampel asteroid Bennu ke Bumi setelah menempuh perjalanan sejauh 6,2 miliar Km. Modul OSIRIS-REx mendarat di Dugway Proving Ground Angkatan Darat AS di gurun Utah yang gersang, Minggu 24 September 2023 pagi waktu setempat.

Misi tersebut menandai pertama kalinya NASA berhasil mengambil sampel asteroid dan membawa kembali ke Bumi. Wahana OSIRIS-REx menempuh perjalanan sejauh lebih dari 6,2 miliar kilometer untuk mencapai Bennu dan kemudian melakukan perjalanan pulang.

Pesawat luar angkasa OSIRIS-REx merilis kapsul berisi sampel asteroid Bennu saat berada di ketinggian 101,000 km di atas Bumi. Kapsul tersebut berisi sekitar 250 gram (8,8 ons) batuan dan bahan lain dari asteroid Bennu.

Sampel itu diharapkan dapat membantu menjawab beberapa pertanyaan paling menarik dari para ilmuwan tentang asal usul kehidupan di Bumi dan masa-masa awal tata surya. “Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kami membawa pulang barang-barang dari benda semacam ini,” kata Jim Garvin, kepala ilmuwan Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA dikutip SINDOnews dari laman Space.

Kapsul OSIRIS-REx mencapai kecepatan hingga 43.450 km/jam dan pelindung panasnya bersuhu 2.900 derajat Celcius saat turun melalui atmosfer bumi. Kapsul tersebut mengerahkan parasut utamanya pada ketinggian sekitar 20.000 kaki atau 6.000 meter.
Tempuh Perjalanan 6,2 Miliar Km, OSIRIS-REx Bawa Sampel Asteroid Bennu ke Bumi

Saat sampel kapsul kembali melayang ke dasar gurun di Tempat Uji dan Pelatihan Utah Departemen Pertahanan AS, kondisinya menjadi dingin. Kemudian personel Angkatan Udara AS dapat mendekat setelah menemukannya.

Penurunan dari tepi atmosfer ke pasir gurun memakan waktu total kurang dari 10 menit untuk mengakhiri perjalanan sejauh 6 miliar km. Misi OSIRIS-REx senilai USD1 miliar diluncurkan pada tahun 2016, tiba di Bennu pada tahun 2018 dan mengumpulkan sampel asteroid pada tahun 2020.

“Selamat kepada seluruh tim OSIRIS-REx. Anda berhasil! Misi ini membuktikan bahwa NASA melakukan hal-hal besar,” kata Administrator NASA Bill Nelson dalam video selama siaran langsung.

Dari sana, kapsul tersebut dihubungkan ke helikopter melalui jalur panjang dan diterbangkan ke ruang bersih sementara yang didirikan di Dugway Proving Ground Angkatan Darat AS. Setelah aman di dalam fasilitas, kapsul dibuka, dan tabung di dalamnya yang berisi sampel berharga asteroid Bennu akan disiapkan untuk diangkut sekali lagi.

Material asteroid selanjutnya akan dimuat ke dalam pesawat dan diterbangkan ke Johnson Space Center (JSC) NASA di Houston, Texas. Ini merupakan fasilitas yang baru dibangun divisi Astromaterials Research and Exploration Science (ARES).