Andalan Rusia untuk Gempur Ukraina, Pesawat Su-34 Fullback Dilengkapi Fitur dan Rudal Canggih

Jum'at, 29 September 2023 - 17:06 WIB
loading...
Andalan Rusia untuk Gempur Ukraina, Pesawat Su-34 Fullback Dilengkapi Fitur dan Rudal Canggih
Pesawat tempur Sukhoi Su-34 yang diberi nama Fullback oleh NATO, menjadi andalan Angkatan Udara Rusia (VKS) untuk menggempur posisi strategis Ukraina. Foto/Wikipedia/Reuters/19fourtyfive
A A A
MOSKOW - Pesawat tempur Sukhoi Su-34 yang diberi nama Fullback oleh NATO, menjadi andalan Angkatan Udara Rusia (VKS) untuk menggempur posisi strategis Ukraina. Dalam perang Rusia Ukraina, pesawat tempur Su-34 yang dibekali banyak fitur dan rudal canggih reputasinya makin terkenal.

Baru-baru ini, pesawat Su-34 menarik perhatian banyak pihak karena memainkan peran penting dalam operasi Angkatan Udara Rusia , termasuk serangan udara ke darat terhadap pasukan Ukraina. Pesawat bermesin jet ganda ini berhasil menargetkan pos komando dan kendaraan tempur Ukraina di sektor Krasnolimansk, selama operasi Distrik Militer Pusat Rusia.

Meningkatnya penggunaan pesawat Su-34 telah memicu ketertarikan global. Song Bo, seorang kolumnis, mengindikasikan bahwa Ukraina menghadapi tekanan yang meningkat karena Su-34 mampu menembakkan rudal jelajah jarak jauh secara presisi.

“Pesawat pengebom Su-34 yang dilengkapi dengan rudal jelajah meningkatkan kemampuan serangan jarak jauh Rusia,” kata Song Bo dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Jumat (29/9/2023).



Pengamat militer Shao Yongling juga menilai kehadiran pesawat Su-34 makin meningkatkan ketepatan proses penargetan. Pesawat Su-34, yang sering terlihat di garis depan dan dipersenjatai secara mencolok oleh Moskow.

“Pesawat tersebut tampaknya menimbulkan ancaman yang lebih signifikan terhadap Ukraina dibandingkan jet tempur MiG-31 dan Su-35. Sorotan saat ini terpusat pada Fullback karena persenjataannya yang semakin berkembang,” ujarnya.
Andalan Rusia untuk Gempur Ukraina, Pesawat Su-34 Fullback Dilengkapi Fitur dan Rudal Canggih


Baik Kementerian Pertahanan Rusia maupun media pemerintah belum mengungkapkan jenis rudal jelajah apa yang diintegrasikan ke dalam pesawat Su-34. Muncul laporan yang mengklaim pesawat Su-34 dipersenjatai dengan rudal hipersonik Kinzhal makin menambah keangkeran Duckling (si paruh bebek).

Menurut veteran Angkatan Udara India Vijainder K. Thakur, penambahan rudal Kinzhal pada Su-34 Kinzhal akan sangat menguntungkan Rusia. Sebelumnya, penggunaan rudal hipersonik yang unik hanya bisa dilakukan pesawat MiG-31K yang menyebabkan kegemparan di Barat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)