Fitur Unik Ini Cuma Ada di Pesawat Tempur Su-34 Rusia

Minggu, 23 Januari 2022 - 06:15 WIB
loading...
Fitur Unik Ini Cuma Ada di Pesawat Tempur Su-34 Rusia
Pesawat Sukhoi Su-34 Fullback milik Angkatan Udara Rusia memiliki peran ganda sebagai pesawat serang (fighter) sekaligus sebagai pengebom (bomber). Foto/The War Zone
PESAWAT Sukhoi Su-34 Fullback milik Angkatan Udara Rusia memiliki peran ganda sebagai pesawat serang (fighter) sekaligus sebagai pengebom (bomber). Pesawat Su-34 yang mulai masuk layanan dinas Angkatan Udara Rusia 2014 merupakan pengembangan dari Su-27 .

Kehebatan Su-34 bukan pada kecepatannya, meskipun mampu melesat antara 1,2 sampai 1,8 Mach atau sekitar 1.800 km per jam. Su-34 dibuat untuk memiliki daya jelajah luas dan mampu membawa banyak persenjataan.

Karena itu, Su-34 memiliki jangkauan maksimum 4.000 kilometer tanpa pengisian bahan bakar ulang dan memiliki 12 cantelan untuk membawa persenjataan seberat 8.000 kg. Jadi secara kasat mata pesawat Su-34 ini memiliki bodi bongsor dan tempat duduk pilot dibuat berdampingan agar nyaman terbang dalam waktu lama.

Tentu pesawat Su-34 punya banyak kecanggihan dari sistem elektronik sampai persenjataan, namun ada beberapa fitur unik,yang jarang ditemui pada pesawat tempur canggih lain. Semua dibuat disesuaikan dengan bentuk pesawat dan peran yang diembannya sebagai fighter dan bomber.



Hidung Platipus
Fitur Unik Ini Cuma Ada di Pesawat Tempur Su-34 Rusia


Ciri utama yang paling gampang dikenali dari Su-34 Fullback adalah bentuk hidung pesawat yang mirip paruh platipus berukuran besar. Model hidung platipus ini untuk memberikan ruang luas bagi sejumlah perangkat radar canggih yang dipasang pada Su-34.

Di belakang paruh platipus ini ada antena untuk sistem radar Sh141 untuk misi udara-ke-darat dan udara-ke-udara. Radar ini memungkinkan Su-34 untuk terbang tanpa pengawalan.

Radar Sh141 merupakan produk perusahaan Leninets yang menggabungkan radar V004 dengan sistem peringatan elektronik Khibiny dan identifikasi lawan atau kawan (identification-friend-or-foe/IFF) melalui komputer.

V004 menggunakan passive electronically scanned array (PESA) dan beroperasi di pita X. Radar ini dapat melacak 10 target udara dan menargetkan 4 sasaran secara bersamaan. (Baca juga; MiG dan Sukhoi Berkolaborasi Bikin Jet Tempur Generasi Ke-6 Rusia )
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA