Keunggulan 2 Varian Drone Lancet Rusia, Salah Satunya Memiliki Daya Ledak Tinggi

Jum'at, 29 September 2023 - 20:17 WIB
loading...
Keunggulan 2 Varian Drone Lancet Rusia, Salah Satunya Memiliki Daya Ledak Tinggi
Drone Lancet merupakan salah satu senjata multifungsi yang mengerikan. Foto/Military Today
A A A
JAKARTA - Drone Lancet yang dikembangkan oleh perusahaan Zala Aero Group dari Rusia menjadi senjata multifungsi yang mengerikan. Drone Lancet juga kerap dijuluki kamikaze atau drone bunuh diri.

Umumnya drone berjenis Lancet yang dibuat Zala memiliki bentuk yang tidak biasa, drone tersebut akan dilengkapi dengan dua pasang sayap berbentuk "X" di bagian tengah dan belakang dan didukung oleh motor listrik yang menggerakkan dua buah baling-baling di bagian belakang.

Untuk lebih lengkapnya tentang spesifikasi drone lancet, berikut ini dua varian drone buatan Zala Aero Group yang salah satunya diklaim memiliki kemampuan mengerikan.

Varian Drone Lancet Rusia


1. Drone Lancet-1


Lancet-1 menjadi drone pertama yang diproduksi Zala Aero Group. Drone ini diluncurkan pada Juni 2019 dalam sebuah pameran pertahanan yang diadakan di dekat Moskow, Rusia.



Meskipun punya julukan kamikaze atau drone bunuh diri, Lancet-1 awalnya justru hanya diperuntukkan untuk misi pengintaian saja.

Drone ini pertama kali dikerahkan untuk operasi tempur di Suriah pada November 2020. Senjata ini juga ikut andil dalam Perang Ukraina, bahkan sukses untuk menghancurkan peralatan militer dan kendaraan tempur Ukraina.

Menurut laman Army Recognition, Lancet-1 dilengkapi dengan hulu ledak fragmentasi HE (High Explosive) yang memiliki berat 1 kg. Drone ini juga dilengkapi dengan unit panduan TV yang memungkinkan operator mengendalikan drone bahkan pada tahap terminal penerbangan, serta terdapat unit panduan optik-elektronik yang dapat diprogram sebelum penerbangan.



Drone Kamikaze satu ini memiliki berat mencapai 5 kg, dan kecepatan mencapai 80 hingga 110 km/jam, dengan jangkauan 40 km serta ketahanan 30 menit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)