Ribuan Burung Mati setelah Tabrak Kaca Gedung di Amerika

Senin, 09 Oktober 2023 - 07:48 WIB
loading...
A A A


Burung-burung itu terbang ke selatan melewati Chicago, mengikuti garis pantai Danau Michigan dan langsung menuju labirin bangunan yang diterangi cahaya.

Hujan menjelang fajar memaksa burung-burung tersebut turun ke tempat yang lebih rendah dan mereka menemukan lampu McCormick Place menyala. Menurut perhitungan di lapangan, hampir seribuan burung mati.

Anna Pidgeon, ahli ekologi burung di Universitas Wisconsin-Madison, menyatakan tabrakan ke jendela dan tarikan cahaya yang fatal dapat dengan mudah dicegah. Pengelola gedung cukup meredupkan lampu dan arsitek dapat mendesain jendela dengan tanda pada kaca yang mudah dikenali oleh burung. Bisa juga dengan menambahkan sekat, mengecat jendela, atau juga menempelkan stiker pada kaca.

Kota New York misalnya, telah mematikan pancaran cahaya kembar yang melambangkan World Trade Center selama beberapa waktu selama upacara peringatan tahunan 11 September untuk mencegah burung terperangkap dalam tiang lampu. National Audubon Society meluncurkan program pada tahun 1999 yang disebut Lights Out, sebuah upaya untuk mendorong pusat-pusat kota mematikan atau meredupkan lampu selama bulan-bulan migrasi.

Hampir 50 kota di Amerika dan Kanada telah bergabung dengan gerakan ini, termasuk Toronto, New York, Boston, San Diego, Dallas dan Miami.

Chicago juga berpartisipasi dalam program Lights Out. Dewan kota pada 2020 mengeluarkan peraturan yang mewajibkan langkah-langkah keselamatan burung di gedung-gedung baru tetapi belum menerapkan persyaratan tersebut. Bangunan pertama di McCormick Place dibangun pada 1959.

Cynthia McCafferty, juru bicara McCormick Place, mengatakan ruang pameran berpartisipasi dalam program Lights Out dan pencahayaan interior dimatikan kecuali staf, klien, atau pengunjung membutuhkannya. Dia menambahkan bahwa pusat tersebut memiliki suaka burung seluas enam hektare.

McCafferty mengatakan sebuah acara telah berlangsung sepanjang minggu di pusat tersebut sehingga lampu-lampu menyala ketika gedung itu ditempati tetapi dimatikan ketika tidak ditempati. Dia mengatakan tidak yakin jam berapa tabrakan massal burung- burung terjadi.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)