Jakarta Terpanggang Cuaca Panas, Ini 5 Wilayah dengan Suhu Paling Dingin di Indonesia

Selasa, 10 Oktober 2023 - 07:55 WIB
loading...
Jakarta Terpanggang Cuaca Panas, Ini 5 Wilayah dengan Suhu Paling Dingin di Indonesia
Ada sejumlah kota di Indonesia yang memiliki suhu udara paling dingin. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah wilayah di Indonesia masih mengalami suhu cukup panas hingga akhir pekan lalu. Termasuk juga di Jakarta. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) , cuaca panas di di kawasan Jabodetabek berada pada kisaran 35-37,5 derajat Celsius.

Suhu maksimum tertinggi dilaporkan terjadi di Jawa Tengah. Suhu Stasiun Klimatologi setempat mencapai 38,6 derajat Celcius. Nah, di tengah cuaca panas yang panas, ada sejumlah desa atau wilayah yang memiliki suhu terdingin. Sebab, letaknya berada di ketinggian atau dataran tinggi.

Wilayah dengan suhu terdingin di Indonesia tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan kerap jadi destinasi wisata menarik karena punya udara sejuk ditambah pemandangan memesona.

Nah berikut ini 5 wilayah terdingin di Indonesia:

1. Kota Mulia
Jakarta Terpanggang Cuaca Panas, Ini 5 Wilayah dengan Suhu Paling Dingin di Indonesia

Kota Mulia ada di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua, dengan suhu yang terbilang cukup dingin di Indonesia. Bahkan, hawa dingin di wilayah ini dapat mencapai hingga 9 derajat celsius.

Tempat ini menjadi ibu kota kabupaten terdingin di Indonesia yang berada pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kota Mulia merupakan satu-satunya daerah berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi oleh pegunungan Jayawijaya atau Puncak Jaya.

Sementara itu, pegunungan Puncak Jaya menjadi puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Tahukah Anda pada siang hari, suhu di kota ini sekitar 15 derajat celsius. Saat malam hari suhu di Kota Mulia mencapai sembilan derajat celsius.

2. Berastagi
Jakarta Terpanggang Cuaca Panas, Ini 5 Wilayah dengan Suhu Paling Dingin di Indonesia

Berastagi menjadi salah satu daerah yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Wilayah ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo dan berada di ketinggian 1.300 mdpl.

Suhu udara rata-rata di sini sering berada di bawah 20 derajat celsius. Maka masuk dalam kategori wilayah atau desa dengan suhu terdingin di Indonesia.
Secara geografis, berastagi berjarak sekitar 66 kilometer dari Kota Medan. Berastagi diapit oleh 2 gunung berapi aktif yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Di dekat Gunung Sibayak, terdapat pemandian mata air panas. Berastagi sendiri berada di ketinggian lebih dari 1300 mdpl, sehingga menjadikan kota ini menjadi salah satu kota terdingin yang ada di Indonesia.

3. Ruteng

Ruteng merupakan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sering disebut sebagai Praha dari Indonesia. Kota yang memiliki desain bangunan yang modern dan pemandangan yang indah ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl.

Suhu rata-rata harian di kota ini berkisar sekitar 25 derajat celsius. Namun, suhu terdingin di Ruteng pernah mencapai 10 derajat celsius. Selain dikenal dengan kota yang dingin, Ruteng juga dijuluki sebagai salah satu kota yang unik. Misalnya, kawasan ini memiliki banyak Biara yang merupakan tempat bagi para biarawan atau Biarawati katolik yang sering disebut sebagai Pastor atau Suster, Bruder atau para para Frater.

4. Batu
Jakarta Terpanggang Cuaca Panas, Ini 5 Wilayah dengan Suhu Paling Dingin di Indonesia

Kota Batu di Jawa Timur menjadi tempat yang cukup populer di Indonesia. Berada di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl. Kota Batu memiliki suhu udara harian yang sejuk. Tak heran jika tempat ini menjadi destinasi wisata sejak zaman Hindia Belanda.

Suhu rata-rata di Batu berkisar antara 12 hingga 19 derajat celcius. Oleh orang-orang Belanda jaman dulu, Kota Batu dijuluki sebagai de Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil.


5. Dusun Wonomulyo
Jakarta Terpanggang Cuaca Panas, Ini 5 Wilayah dengan Suhu Paling Dingin di Indonesia

Pesona keindahan Jawa Timur memang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satu yang akan membuat Anda terpukau adalah Dusun Wonomulyo, di mana wilayah ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Bahkan disebut juga sebagai New Zealandnya Indonesia.

Dusun Wonomulyo berlokasi di Wonomulyo, Genilangit, Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Terletak di kawasan peranakan Gunung Lawu bagian selatan, dengan ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Dusun satu ini mempunyai udara yang sejuk dan cenderung dingin, yakni dengan suhu berkisar 16-23 derajat celcius. Lokasinya sangat indah, diapit oleh pegunungan sisi selatan lereng lawu yang membuat Wonomulyo memiliki landscape dan view pemandangannya sangat menarik.

Jika Anda ingin melihat pemandangan yang lebih menakjubkan, bisa naik ke salah satu dataran tinggi di dusun ini yaitu dinamakan Bukit Sekudi. Maka yang akan Anda lihat adalah perkampungan kecil, di antara dua gunung dan dikelilingi pebukitan, benar-benar sangat indah sepertidiNewZealand.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2710 seconds (0.1#10.140)